free hit counters
 

Jangan Hanya Dibaca, Tapi Juga Dimengerti

eramuslim.com – Masih belum waktunya mengaku muslim sejati kalau belum bisa membaca Qur’an. Setelah bisa membaca pun, ada baiknya untuk tidak berpuas hati, karena sebaiknya kita pun tidak sekedar bisa membacanya, akan tetapi kita juga perlu untuk mengetahui tafsirnya. Sebab dari hasil memahami tafsir ayat-ayat Qur’an dengan baiklah kita bisa untuk selanjutnya mengamalkan dan mendakwahkan kalam ilahi.

Yang jadi masalah adalah karena kita orang Indonesia. Bukan bermaksud mengeluh atau menjelek-jelekkan bangsa sendiri, akan tetapi memang mayoritas kita belum bisa membaca dan memahami bahasa Arab dengan baik dan benar. Padahal, mayoritas tafsir Qur’an yang ada di dunia Islam ditulis dalam bahasa Arab. Tentu ini salah satu kekurangan kita yang perlu untuk kita perbaiki ke depannya.

Tapi jangan khawatir, untuk sementara selama kita belum bisa untuk mengerti dan memahami bahasa Arab telah tersedia tafsir Qur’an di website TafsirWeb, yang insyaaAllah akan dapat membantu kita untuk mengerti ayat-ayat Qur’an dengan baik. Bukan sembarang tafsir yang disediakan di sana, akan tetapi tafsir yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama RI, dari Kementrian Agama Saudi Arabia, Tafsir al-Mukhtashar yang disupervisi Dr. Shalih Humaid (Imam Masjidil Haram) dan lain sebagainya.

Rekomendasi Surat Yang Dipelajari

Secara umum seluruh tafsir surat dan ayat yang ada di Qur’an penting untuk dipelajari. Tidak ada kalamullah yang tidak penting dan tidak perlu dipelajari. Akan tetapi menurut hemat kami ada beberapa surat yang perlu diprioritaskan untuk dipelajari tafsirnya mengingat seringnya surat-surat tersebut dibaca dan didengarkan dalam keseharian kita.

Adapun beberapa tafsir Quran yang kami maksud ialah sebagai berikut.

1.Surat Yasin. Surat ini sangat sering dibaca, terutama di saat ada musibah kematian dan malam Jum’at. Di sini terlepas dari hukumnya, kami merasa surat ini perlu dimengerti dengan baik tafsirnya dikarenakan seringnya masyarakat Indonesia berinteraksi dengan ayat ini.

2.Surat al-Kahfi. urat al-Kahfi merupakan salah satu surat yang disarankan di dalam hadits shahih untuk dibaca, yang salah satu manfaatnya adalah membantu kita untuk terlindung dari fitnah Dajjal jika kita baca apalagi kita hapalkan.

3.Surat al-Waqiah. Surat ini populer di Indonesia dikarenakan adanya hadits yang menjelaskan tentang faidah membaca ayat ini. Bagaimana hukum haditsnya? Mungkin bukan di artikel ini tempat membahasnya, akan tetapi karena surat ini pun populer, kami menyarankan untuk membaca tafsirnya.

4.Surat ar-Rahman. Surat yang satu ini dikenal sebagai surat yang indah susunan kalimat-kalimatnya, dengan akhiran ayat yang berakhiran dengan rima yang sama menjadikan surat ar-Rahman ini populer untuk dibaca dan dihapal.

5.Surat al-Baqarah. Ada hikmah tertentu Allah menjadikan banyak ayat aqidah dan hukum di dalam surat terpanjang di kitab suci ummat Islam ini. Ada banyak pesan di dalamnya, sangat layak untuk dipelajari hingga detail.

6.Surat al-Mulk. Surat yang terdiri atas 30 ayat ini megandung berbagai pelajaran penting dan bermakna, utamanya tentang kekuasaan Allah di dunia dan di akhirat.

7.Surat al-Fatihah. Tidak boleh tidak, surat ini harus kita pelajari tafsirnya dengan baik. Kita membaca surat ini minimal 17 kali dalam sehari, maka sangat tidak boleh kalau kita tidak memahami artinya dengan baik dan benar.



8.Surat adh-Dhuha. Surat yang sering dibaca dalam shalat sunnah Dhuha oleh sebagian kaum muslimin, bagaimana penjelasannya? InsyaaAllah di sini ada jawabannya.

9.Surat an-Naba. Juz Amma adalah juz yang paling sering dibaca dalam keseharian. Surat an-Naba inilah yang mengandung kata ‘Amma yang diambil sebagai nama juz 30.

10.Surat Yusuf. Surat dengan kisah terbaik di dalam Qur’an, sebagaimana dijelaskan pada ayat-ayat awal surat ini. Bagaimana kisahnya? Mari pelajari tafsirnya.

Paksakan diri untuk meluangkan waktu membaca tafsir Qur’an, mudah-mudahan Allah menjadikan kita semakin paham tentang agama ini, dan semakin berkah waktu kita disebabkan kita meluangkan waktu di dalam kebaikan.

Oase Iman Terbaru