free hit counters
 

Anak Takut Bicara

Assalamu’alaikum

Bagaimana caranya agar anak didik saya mau bicara? Karena sejak masuk SD sampai sekarang Nanda belum mau bicara dengan saya dan teman-temannya.

Terima kasih

Jawab :

Walaykumsalam warahmatullahi wabarakatuh,



Dear Ana yang dirahmati Allah. Ana soal anak yang tidak mau bicara, wah saya bahkan punya pengalaman menarik, dari sejak kelas satu SD sampai kelas 6 SD, anakperempuan saya sebutlah namanya Lisa. Dia sekolah di tempat kami (Jakarta Islamic School), kemudian ketika masuk SMP sampai kelas 3 SMP, anak ini pun juga selalu diam. Bilaikut kumpulan kawan-kawan putrinya, hanya senyum saja dan tidak mau bicara apapun, istilahnya saya sangat jarang meihat anak perempuan ini ngobrol.

Setelah saya selidiki, ternyata latar belakang keluarga cukup berpengaruh terhadap prilaku anak. Anak ini adalah anak tunggal dan ayah ibunya sangat sibuk sehingga bertemu dan berbicara dengan orangtuanya hanya seminggu sekali. Sehari-hari si anak tenggelam dalam buku yang dibacanya, dunia maya dan dari kecil hanya diam saja, kurang diajak bicara, dan suasana dirumah sungguh sangat sepi, bahkan pembantu rumah pun juga sudah tua, tidak pernah bicara apa-apa dengan majikan kecilnya yang manis itu, hanya sesekali saja.

Jadi saran saya, ada baiknya bu Ana menyelidiki kondisi dan faktor latar belakang keluarga agar mudah mencari sela-nya bagaimana dia mau bicara. Saya sendiri dalam menghadapi murid yang pendiam, selalu pura-pura tidak tahu kalau dia pendiam. Kita tidak usah mengatakan, “wah anak ini pendiam sekali.” Hal itu tidak perlu, kita pura-pura saja tidak tahu bahwa dia pendiam, sehingga kita bicara saja terus seakan dia tidak pendiam, dan cari tahu apa yang disukainya serta topik apa yang menjadi perhatiannya, pancinglah dia untuk bicara, namun bila tidak juga berhasil, janganlah putus asa. Perlakukan dia seperti anak yang bukan pendiam, mudah-mudahan berhasil ya bu, salam sayang buat anak murid ibu.

Wassalamualaykum.

Konsultasi Pendidikan & Keluarga Terbaru