free hit counters
 

Memang Pemimpin Baik itu Dihadiahkan Allah…

Eramuslim.com – Konstantinopel, kota legenda yang indah nan kokoh dibangun pada abad ke 3 masehi oleh kaisar Byzantium Konstantin 1 serta disebut-sebut sebagai kota terkuat pada masanya. Selama berabad-abad konstantinopel menjadi ibu kota Romawi timur, berdiri tegak menantang panglima perang di seluruh dunia untuk ditembus. Dalam suatu hadits, Nabi Muhammad pernah berkata “Sungguh Konstantinopel akan ditaklukan. Sebaik baik pemimpin adalah pemimpinnya dan sebaik-baik pasukan adalah pasukannya” (HR. Ahmad). Jadi dalam janji Nabi, konstantinopel akan jatuh di tangan muslim terbaik dengan pasukan terbaiknya.

Dimulai rindu akan ramalan perwujudan Nabi tersebut, selama ratusan tahun dan sudah belasan kali para mujahid berjuang sekuat tenaga untuk menunjukkan diri sebagai pemimpin dan pasukan terbaik. Beberapa panglima hebat yang sudah pernah mencoba diantaranya adalah Muawiyah bin Abi Sufyan dengan Abu Ayyub al-Anshari, lalu kemudian para khalifah bani Umayyah, Bani Abbasiyyah dan beberapa nama agung lainnya ternyata masih belum bisa mewujudkan cita-cita mulia tersebut.

Sampai pada tahun ke 1453 M, akhirnya terbukalah konstantinopel oleh Sultan Muhammad 2 yang kemudian bergelar al-Fatih. Yang paling menarik adalah ternyata sang sultan terbaik ini usianya belum genap 25 tahun. Dengan usia mudanya ia ternyata sanggup membawa harum nama Islam dan kekhalifahan turki Utsmani di depan dunia. Mengalahkan pesaing tersohor sebelumnya yang sudah berupaya untuk merebut konstantinopel. Beliau dengan kegigihan dan kerja kerasnya di waktu muda, akhirnya bisa mendapat kehormatan besar atas hadits Nabi Muhammad SAW.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Bercermin Pada Salaf Terbaru