free hit counters
 

Pasukan Pertama Umat Islam yang Bikin Takut Kaum Musyrik

Eramuslim – Setelah Rasulullah SAW tiba di Madinah, Rasulullah langsung membentuk satuan militer pertama yang terdiri dari seratus prajurit. Satuan militer pertama ini dipimpin sahabat Hamzah RA.

Pada saat inilah, menurut cendekiawan Muslim asal Turki Muhammad Fethullah Gulen, dalam Cahaya Abadi Muhammad SAW Kebanggaan Umat Manusia,

Rasulullah juga mulai membentuk jejaring intelijen yang kuat, sampai-sampai dinyatakan tak ada seekor burung pun yang melintas di atas tanah Arab yang dapat lolos dari pantauan para agen intelijen Muslim.



Pada saat itu, melintaslah rombongan kafilah kaum musyrik yang membawa harta milik kaum muhajirin yang mereka rampas setelah para pemiliknya hijrah ke Madinah.

Rombongan kafilah kaum musyrik memang sering melintas di dekat Madinah untuk memamerkan barang-barang jarahan kepada kaum muhajirin seperti sengaja menantang mereka.

Rupanya rombongan itu berpapasan dengan pasukan yang dipimpin Hamzah sehingga mereka pun langsung melarikan diri karena takut diserang. Padahal saat itu, Hamzah sama sekali tidak bermaksud untuk menyerang.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Sirah Tematik Terbaru