free hit counters
 

Resensi Buku : Ensiklopedia Akhir Zaman, Patut Dimiliki

Redaksi – Senin, 17 Jumadil Awwal 1438 H / 13 Februari 2017 06:40 WIB

ensik akhirEra 2000 hingga 2009 menjadi musim ‘panas’ bagi tema-tema futuristik. Banyakbuku yang mengupas tentang tanda-tanda kiamat, akhir zaman, Imam Mahdi, Dajjal dan topik semisal yang diterbitkan dan beredar luas di masyarakat. Mungkin lebih dari 70 judul buku-buku bertemakan akhir zaman yang telah terbit. Lalu memasuki tahun 2010 tema-tema tersebut mulai berkurang kuantitasnya.

Namun tak lama setelah itu kita dikejutkan dengan apa yang tengah terjadi di Timur Tengah. Arab Spring atau angin revolusi Arab berhembus sedemikian kencangnya menerpa negara-negara teluk.

Beragam analisa dan spekulasi tentang makin dekatnya tanda-tanda akhir zaman semakin ramai dibicarakan. Dan buku-buku dengan tema akhir zaman mulai membanjiri kembali ranah publik dengan berbagai corak dan ragam. Semua seakan berlomba untuk menyuguhkan yang menarik kepada pembaca.

Berbeda dengan buku-buku akhir zaman yang telah beredar luas, ada banyak hal menarik tentang akhir zaman yang sangat luar biasa yang dikupas dalam buku ini. Tidak seperti para penulis dan pemerhati tentang tema-tema futuristik yang ada, Dr. Ahmad Al-Mubayyadh telah melakukan pengkajian yang sangat mendalam dengan manhaj yang lurus, sehingga mengantarkan para pembaca pada pemahaman yang shahih. Setidaknya, inilah di antara keunggulan karya Dr. Al Mubayyadh ini dibanding karya lainnya adalah:

  1. Penulis telah menjelaskan manhaj / metodologi penulisan buku ini dalam mukadimahnya. Yang paling mendasar adalah penjelasan tentang status hadits/ atsar yang termuat, penjelasan makna dari kosakata hadits dan penjelasan kontekstual hadits tersebut secara realita kekinian.
  2. Penulis membagi tanda-tanda akhir zaman dengan metode yang juga belum dilakukan oleh para penulis sebelumnya. Bukan hanya menjelaskan mana yang masuk dalam tanda kiamat kecil dan mana yang masuk tanda kiamat besar—sebagaimana yang banyak dilakukan oleh penulis tema semisal, namun lebih kompleks dari itu. Penulis menyebutkan tanda kiamat kecil di masa nabi, tanda kiamat di era sahabat, tanda kiamat kecil yang terjadi pada salaf yang masih terus berlangsung hingga zaman sekarang, tanda kiamat kecil yang telah jelas maknanya, tanda kiamat kecil yang belum jelas maknanya, pra kondisi menuju tanda-tanda kiamat kubra, dan lainnya. Ini akan memudahkan para pembaca untuk memahami kandungan hadits-hadits fitnah yang masih musykil.
  3. Penulis juga sangat piawai dalam melakukan aktualisasi dan kontekstualisasi hadits-hadits fitnah yang masih musykil. Tidak membiarkan kebingungan atas makna dan hakikat nubuwat tersebut, namun juga tidak liar dalam interpretasinya.
  4. Penulis sangat berhati-hati terhadap hadits-hadits yang mengandung banyak kemungkinan makna dan berhasil mengompromikan banyak riwayat yang terlihat musykil dengan metode yang sangat baik. Misalnya ketika menjelaskan tentang ikhtilaf para ulama tentang hadits Dajjal versi ibnu Shayyad dan Dajjal versi Tamim Ad-Dari. Juga hadits tentang masa menetapnya nabi Isa di dunia, apakah 7 tahun atau 40 tahun, lantaran kedua riwayat tersebut sama-sama shahih, ternyata penulis mampu memadukan riwayat-riwayat tersebut dengan sangat piawai.
  5. Penulis banyak sekali memaparkan hadits-hadits yang jarang ditemukan dalam pembahasan tentang fitnah dan petaka akhir zaman. Hadits tentang munculnya kendaraan setan (mobil), hadits tentang An-Nafsu Zakiyah yang terbunuh sebelum datangnya Al-Mahdi, hadits tentang hujan meteor sebelum keluarnya Dajjal, dan riwayat-riwayat lain yang membuat kita takjub, tentunya karena penulis juga menjelaskan keshahihan riwayat tersebut.
  6. Di samping menyebutkan hadits-hadits tentang petaka dan huru-hara menjelang akhir zaman yang sering kali membuat para pembaca ketakutan secara berlebihan, penulis juga memaparkan dan menjelaskan janji-janji kemenangan Islam yang bukan cuma utopia atau ilusi. Bukan cuma karena yakin akan kebenaran nubuwat, namun penjelasan tentang realitas kekinian yang diisyaratkan hadits tersebut benar-benar membuat para pembaca tidak punya pilihan lain kecuali benar-benar mengimani nubuwat tersebut dengan haqqul yakin.
  7. Dan yang terpenting, penulis juga banyak memaparkan solusi dan langkah yang harus diambil oleh kaum muslimin dalam menghadapi berbagai persoalan fitnah yang menimpa mereka.

Masih banyak lagi kelebihan pembahasan dalam buku ini. Boleh jadi, ini merupakan buku terlengkap yang mengupas secara detil dan rinci tentang hakikat fitnah  akhir zaman. Selamat membaca !!!!

Judul : Ensiklopedi Akhir Zaman

Harga : Rp 200,000 (Belum termasuk ongkos kirim)

Bagi yang berminat memesannya, silahkan sms ke 085811922988 ataupun email ke [email protected] , dengan menyebutkan judul buku, nama , dan alamat yang lengkap, selamat berkunjung dan memesannya…

Resensi Buku Terbaru

blog comments powered by Disqus