free hit counters
 

Resensi Buku : Karya Monumental Ibnu Katsir, Kisah 31 Nabi , dari Nabi Adam As hingga Nabi Isa As

Redaksi – Kamis, 6 Jumadil Awwal 1438 H / 2 Februari 2017 08:15 WIB

kisah nabi aqwamBanyak kisah para nabi dan rasul yang mungkin pernah kita ketahui.

Namun, cukup banyak pula di antara kisah-kisah tersebut yang tidak memiliki sumber periwayatan yang jelas. Buku karya Ibnu Katsir—ulama besar pakar tafsir dan tarikh—ini mencoba hadir dengan menutupi “kelemahan” ini.

Dengan metode ilmiah standar dan berpedoman pada penjelasan-penjelasan dalam Al-Qur’an, hadits-hadits, dan atsar yang sahih, kisah-kisah Israiliyyat yang kurang berdasar pun telah ditapis oleh Penulis. Kisah para nabi dan rasul dalam buku ini tersaji berdasarkan topik-topik inti yang mewakili episode sejarah para nabi dan rasul. Semua ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sosok 25 nabi dan rasul yang telah dikenal dan disepakati juga disajikan berikut tafsirnya.

Selain itu, Penulis juga menjelaskan kisah-kisah nabi lain yang tidak disebutkan dalam Al-Qur’an namun telah dikuatkan kisah dan keberadaannya oleh riwayat-riwayat yang sahih. Kelebihan buku ini dibandingkan buku Qashashul Anbiya’ versi lainnya terletak pada tahqiq dan takhrij yang dilakukan oleh Prof. Dr. Abdul Hayy Al-Farmawi, guru besar Tafsir dan Ulumul Qur’an dari Universitas Al-Azhar, Kairo.

Dengan demikian, buku ini hadir lebih sistematis dan lebih kaya infomasi, dengan tetap menjaga orisinalitas dan keautentikan kitab aslinya. Jadi, rasanya tak berlebihan jika karya Ibnu Katsir ini termasuk koleksi yang “harus” ada dalam daftar pustaka kita, sebagai pendamping kitab tafsir beliau yang telah dikenal.

Judul buku : Kisah 31 Nabi Allah SWT dari Adam hingga Isa alayhissalam (dilengkapi tahqiq)

Penulis: Ibnu Katsir Ukuran: 17 x 24 cm, hard cover Tebal: 968 hal Harga: Rp. 170.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)

Penerbit :Ummul Qura

Untuk pemesanan hubungi atau sms/email dengan dituliskan nama, alamat dan jumlah pemesanan ke: 085811922988 email : [email protected]com  

Resensi Buku Terbaru

blog comments powered by Disqus