free hit counters
 

Kampanye Terbuka 2009

Sejak Senin kemarin, bertepatan dengan tanggal 16 Maret 2009, KPU bersama partai politik mendeklarasikan kampanye damai. Hal ini juga sebagai dimulainya kampanye terbuka di seluruh Indonesia.

Seperti halnya kampanye terbuka di pemilu-pemilu sebelumnya, kekhawatiran masyarakat terhadap kegiatan ini cukup besar. Mulai dari kemacetan jalan yang tidak bisa dihindari, anakhisme massa, vandalisme, dan pengrusakan terhadap fasilitas umum dan pribadi, serta potensi bentrok antar massa parpol.



Berbeda dengan masyarakat umum yang menyimpan kekhawatiran. Kampanye terbuka justru menjadi ajang paling penting buat parpol. Di kesempatan itulah parpol bisa unjuk gigi: adu banyak pengerahan massa, adu kuat visi misi sekaligus adu canggih obral janji, dan ajang konsolidasi kekuatan partai.

Pertanyaannya, seberapa efektifkah kampanye terbuka untuk meningkatkan perolehan suara parpol di pemilu, dibandingkan dengan biaya finansial dan sosial yang dikeluarkan parpol dan masyarakat umum?  Dan, apakah juga efektif bagi pendidikan politik bangsa?

**

Redaksi mengucapkan terima kasih atas partisipasi pembaca dalam memberikan komentar di rubrik dialog sebelumnya. Mudah-mudahan komentar yang disampaikan bisa menjadi masukan buat kita semua.

Dialog Terbaru