free hit counters
 

Logika Sederhana Kenapa Pemerintah Ogah Lockdown

Eramuslim.com – Hari ini viral meme ayam dikurung dalam kandang bambu dan dari luar diberi segenggam beras dengan caption: “Begini loh lockdown itu, mesti ngasih makan. Sudah faham kan, kenapa ga berani lockdown?” Meme ini beredar di media sosial, salah satunya whatsapp.

Menurut undang-undang yang ada, ketika situasi gawat darurat masalah bencana alam atau kesehatan, negara memang WAJIB MELINDUNGI RAKYATNYA dengan segala daya upaya, antara lain dalam kasus pandemik Covid-19 ini maka pemerintah wajib menjalankan prosedur yang ada. Yang paling efektif adalah lockdown, namun pemerintah jika mengambil jalan ini diperintahkan undang-undang untuk menjamin kebutuhan pokok rakyatnya, apakah itu sandang, pangan, dan papan. Bahkan hewan ternak milik rakyat pun wajib diberi makanan. Pemerintah wajib melakukan itu dan dananya memang sudah disediakan dalam pos APBN.

Lantas kenapa pemerintah ini tidak mau lockdown, padahal sudah banyak pakar yang mendesak. Apakah pemerintah sudah gak punya duit? Apakah untuk menyantuni rakyatnya sendiri tidak ada duit?

Dan yang aneh dalam menanggulangi pandemik Covid-19 ini pemerintah malah buka rekening ngarep rakyat menyumbangkan sebagian uangnya. Tapi untuk menyediakan fasilitas mewah kepada para menteri dan para pejabat, seperti mobil mewah kemarin itu, juga menambah pesawat kepresidenan, uangnya ada. Jangan bingung, logika di negeri ini memang sedang terbalik-balik sekarang.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Suara Pembaca Terbaru