free hit counters
 

Mengenal Tanda-Tanda Kiamat agar Selamat Dunia Akhirat

Eramuslim.com – Kiamat atau sering disebut hari akhir dari kehidupan manusia di dunia. Sebagai umat Islam, harus meyakininya karena termasuk salah satu rukun iman. Di sisi lain, penting juga untuk mengetahui dan mempelajari tanda-tanda kiamat agar dapat mempersiapkan diri sebelum tiba waktunya.

Mengenal Hari Kiamat

Merupakan hari akhir yang diawali dengan meninggalnya manusia dan memasuki alam kubur. Setelah itu, akan dibangkitkan untuk kemudian dikumpulkan di padang Masyhar. Di sini, manusia akan ditetapkan hujjah (bukti) yang menyelamatkan diri mereka atau sebaliknya.

Hal ini sesuai dengan ayat Al-Quran yaitu Al-Baqarah ayat 8. Menjelaskan tentang termasuk seseorang yang beriman, ketika ia percaya akan datangnya hari akhir ini.



وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَۘ

 “Dan di antara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman.”

Di dalam Al-Quran, hari kiamat sering disebut yaitu “yaumul qiyamah” atau hari kebangkitan, as-sa’ah atau waktu, dan al-akhirah atau penghabisan. Selain itu, menurut Umar Sulaiman al-Asyqar dalam bukunya Al-Yaumul Akhir Qiyamah Kubra menyebutkan bahwa ada 22 sebutan lain dari hari akhir tersebut.

Kiamat menjadi salah satu rukun iman yang wajib diyakini oleh umat Islam. Yaitu percaya bahwa hari akhir tersebut akan datang dengan tanda-tanda tertentu menurut Al-Quran dan hadits, meskipun waktu pasti kedatangannya pun tidak diketahui oleh siapapun.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Menuju Kehidupan Sejati Terbaru