free hit counters
 

Mengenal Tanda-Tanda Kiamat agar Selamat Dunia Akhirat

Ilustrasi bumi hancur, gambaran kiamat

Kapan akan terjadi Kiamat?

Tidak ada satu orang pun yang mengetahui kapan pastinya akan terjadi kiamat. Karena hal itu hanya diketahui oleh Allah SWT saja. Sekalipun Rasulullah, juga tidak tahu mengenai hal tersebut. Namun, akan ada tanda-tanda yang dimunculkan sebelumnya.

Dalam Al-Quran dan Hadits  banyak yang membahas kiamat yang juga tidak pasti waktunya, namun hanya menampilkan beberapa tanda-tandanya saja. Seperti dalam surat Muhammad ayat 18 yang menyatakan bahwa boleh jadi kedatangannya sudah dekat yang diperkuat dengan hadits riwayat Muslim.

فَهَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّا السَّاعَةَ اَنْ تَأْتِيَهُمْ بَغْتَةً ۚ فَقَدْ جَاۤءَ اَشْرَاطُهَا ۚ فَاَنّٰى لَهُمْ اِذَا جَاۤءَتْهُمْ ذِكْرٰىهُمْ

“Maka apalagi yang mereka tunggu-tunggu selain hari Kiamat, yang akan datang kepada mereka secara tiba-tiba, karena tanda-tandanya sungguh telah datang. Maka apa gunanya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila (hari Kiamat) itu sudah datang?”



Ada pula beberapa hadits tentang kedatangan hari kiamat. Salah satu hadits diriwayatkan oleh Bukhori Muslim menjelaskan bahwa kiamat akan datang kepada seburuk-buruknya manusia. Yaitu orang-orang Jahiliyah yang sudah tidak mau lagi menyebut nama Allah.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ عَلَى شِرَارِ النَّاسِ ». (رواه مسلم) ـ

Nabi bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi kecuali kepada manusia paling buruk.” (HR Muslim)

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/103787/kapan-hari-kiamat-itu-tiba

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10Lihat semua

Menuju Kehidupan Sejati Terbaru