free hit counters
 

Alhamdulillah ‘Ala Kulli Haal

eramuslim.comAssalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.Pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membahas kalimat Alhamdulillah ‘Ala Kulli Haal dan cara penggunaan yang tepat pada kalimat ini, untuk lebih detail yuk kita simak bersama pembahasan berikut ini.

Alhamdulillah Ala Kulli Hal - Tulisan Arab dan Artinya

Arti Alhamdulillah ‘Ala Kulli Haal

Pernah kalian mendengar kalimat ini? rasanya kalimat ini bagi sebagaian saudara muslim yang lain tidaklah asing lagi, bahkan ia juga biasa mengucapkan kalimat ini kepada sesama saudara muslim lainnya.

Kalimat ini hampir sama maknanya denagan kalimat Innalillahi Wainnailaihi Rojiun, biasanya kalimat ini digunakan untuk mengucapakan ketika sesorang mendapatkan sebuah kabar yang kurang baik seperti halnya meninggal dunia dan mendapatkan musibah lainnya.

Lalu apasih arti dari kalimat Alhamdulillah Ala Kulli Hal?
Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal adalah “Segala puji bagi Allah dalam setiap keadaan”

Kalimat “Alhamdulillah ‘ala Kulli Hal” jika ditulis dalam tulisan Arab yaitu (الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ).



Kalimat ini sebagai mana telah disampaikan di atas yaitu berguna untuk mengucapkan ketika seseorang mendapatkan musibah, dan maksud dari ucapan ini juga merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah swt atas ujian yang sedang dialaminya, yang mana ujian itu juga atas kehendak dari Allah.

Upacan yang demikian ini sebelumnya telah berikan contoh oleh Nabi Muhammad saw, ketika Beliau saw mendapatkan sesuatu yang tidak disukai lalu beliaupun mengucapkan Alhamdulillah ala kulli hal (Hadist riwayat Syaikh Al Albani, Ibnu Majah dan mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Penggunaan Ucapan Alhamdulillah ‘Ala Kulli Haal

Berikut di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh suatu keadaan yang dapat menggunakan kalimat alhamdulillah ‘ala kulli haal daiantaranya sebagai berikut :

 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Tahukah Anda Terbaru