free hit counters
 

Asal-usul Sarung, Baju Koko, dan Gamis

Eramuslim.com – Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi Muslim terbanyak di dunia. Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap budaya yang dimiliki Indonesia. Saat agama Islam datang ke Indonesia, banyak produk budaya yang dihasilkan misal, busana Muslim. Busana Muslim juga beragam jenisnya, ada gamis, baju koko, sarung, dan lain-lain.

Sejarawan Universitas Indonesia, Tiar Anwar Bachtiar mengatakan busana Muslim yang dikenal di Indonesia merupakan bentuk akulturasi dengan budaya lain. Jadi, tidak sepenuhnya merupakan asli Indonesia.

“Misalnya sarung. Sarung di Indonesia tradisinya memang sudah ada. kalau perempuan pakai kemban, kalau lelaki pakai jarik. Ini artinya kain-kain itu sudah digunakan, hanya tidak lebar ukurannya,” kata Tiar saat dikonfirmasi, Selasa (12/1).

Islam mengajarkan Muslim untuk menutup aurat. Saat agama Islam mulai memasuk nusantara, terjadi percampuran dua budaya. Kain-kain tersebut dibuat lebar sehingga dapat menutup aurat yang sekarang dikenal kain sarung.

Sedangkan gamis memang berasal dari Arab. Namun, perbedaannya terletak pada fungsi gamis. Jika di Arab digunakan untuk pakaian sehari-hari, di Indonesia digunakan untuk acara keagamaan saja. “Jadi ada semacam pelokalan atau reduksi dari fungsi asalnya,” ujar dia.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru