free hit counters
 

Berapa Batas Maksimal Ngopi dalam Sepekan?

Eramuslim.com – Banyak orang tidak bisa melewati hari tanpa secangkir kopi. Ada alasan di balik rutinitas tersebut, yaitu kafein.

Kafein adalah stimulan alami yang dapat membantu Anda tetap waspada dan mencegah timbulnya kelelahan. Namun jangan sampai Anda mengonsumsi kopi berlebihan setiap harinya.

Konsumsi kopi berlebihan dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Satu studi telah menunjukkan jumlah maksimum kopi yang harus Anda minum dalam sepekan.

Sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings menganalisis bagaimana konsumsi kopi memengaruhi kesehatan masyarakat, tergantung pada jumlah yang mereka konsumsi. Para peneliti mengamati lebih dari 43.700 orang yang umumnya sehat, artinya mereka tidak memiliki riwayat serangan jantung, strok, atau kanker sebelumnya.

Selama masa studi, 2.512 kematian terjadi. Berdasarkan hasil ini, pria dan wanita di bawah usia 55 tahun yang minum lebih dari 28 cangkir kopi setiap pekan memiliki risiko kematian yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan mereka yang tidak minum kopi, dengan peningkatan risiko lebih dari 50 persen.

“Tampaknya tepat untuk menyarankan agar orang yang lebih muda menghindari konsumsi kopi berat,” para peneliti menyimpulkan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru