free hit counters
 

Bob Hasan, Tokoh Dibalik Cepatnya Lari Zohri

Foto: jawapos

Eramuslim.com – Generasi zaman now mungkin ini lagi sibuk memberikan pujian pada pelari cepat 100 meter asal NTB, Lalu Muhammad Zohri. Prestasinya memang membanggakan menjadi juara dunia lari 100 M dalam kompetisi U20 yang diselenggarakan IAAF di Tempere Finlandia.

Ini adalah prestasi pertama anak bangsa menjadi juara dunia lari cepat di nomor bergengsi ini. Belum ada anak muda Indonesia — juga yang senior — pernah meraih posisi ini. Benar apa yang dikatakan pihak IAAF, Zohri memang mencetak sejarah sebagai orang pertama dari Indonesia yang mencicipi juara dunia lari di kategori itu.

Sebelumnya masih juara lokal, misalnya kelas Asia Tenggara atau meraih emas Asian Games (misalnya pada nomor lompat jangkit).

Memang pada tingkat senior, di tingkat Asia, dahulu ada juara lari 100 M, yakni Moh Sarengat. Prestasi ini dicatatnya pada Asian Games 1962. Tapi oleh IAAF rekornya tak diakui, meski catatan waktunya lumayan 10,5 detik. Rekor Sarengat ini bertahan selama 25 tahun sebelum dipecahkan anak muda asal Ajibarang, Banyumas, Purnomo Muhammad Yudi dengan catatan waktunya sampai 10,3 detik.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

Tahukah Anda Terbaru