free hit counters
 

Ini Benar dan Salah soal Covid-19

Eramuslim.com – Para ahli menyoroti pentingnya memperoleh informasi tentang virus dari sumber yang tepat. Berikut ini adalah daftar kesalahpahaman paling umum:

SALAH: Setiap kasus Covid-19 parah dan fatal.

BENAR: Dalam perkembangan penyakit, 10 -15 persen mengalami gagal pernafasan yang parah, gagal ginjal dan kegagalan banyak organ, 2 -5 persen mengakibatkan kematian, sementara 80 persen dari kasus merupakan penyakit ringan.



SALAH: Masker cukup untuk melindungi seseorang dari paparan Covid-19

BENAR: Masker tidak cukup melindungi seseorang dari paparan virus. Seseorang harus memakai masker hanya jika dia sakit untuk mencegah virus menyebar melalui tetesan cairan pernapasan. Orang sehat tidak perlu memakai masker. Yang paling penting adalah menjaga kebersihan tangan. Tangan harus dijaga sebersih mungkin dan tidak boleh digunakan untuk menyentuh mata, hidung dan mulut.

SALAH: Cairan embersih tangan (Hand Sanitizer) menyelesaikan setiap masalah.

BENAR: Sebagian besar antiseptik, pembersih dan antikuman yang dipasarkan dengan nama berbeda di pasaran tidak akan membuat tangan lebih bersih daripada sabun dan air. Mencuci tangan hati-hati dengan menggosoknya secara menyeluruh dengan banyak sabun cukup untuk perlindungan. Dalam kasus di mana air dan sabun tidak dapat diakses, cologne atau pembersih tangan dengan basis alkohol organik 70 persen atau lebih dapat digunakan. Pembersihan tangan yang sering dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan penyakit seperti eksim, sehingga tangan harus dilembabkan beberapa kali dalam satu hari.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Tahukah Anda Terbaru