free hit counters
 

Bukan Hanya Cinta, Masker Juga Ada Yang Palsu, Ini Cara Mudah Mengenalinya

Eramuslim.com – Imbauan untuk #upgrademaskermu belakangan ini gencar dilakukan. Hal tersebut dilandasi atas kemunculan varian delta yang diklaim bisa menular dengan cepat.

Masyarakat pun diarahkan untuk menggunakan masker dobel, yaitu memakai masker disposable di bagian dalam dan ditutup dengan masker kain 3 lapis.

Kebutuhan akan masker sekali pakai yang terus meningkat membuat sejumlah oknum berupaya untuk mencari keuntungan. Caranya, dengan menjual masker palsu yang tidak memiliki efektivitas terhadap pencegahan virus.

Sebenarnya, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk memeriksa keaslian sebuah masker medis. Yaitu, dengan memeriksakan merk masker ke website infoalkes.kemkes.go.id.



Namun dikutip dari Farah.id, ada cara lain yang cukup efektif untuk mengetahui apakah masker tersebut (utamanya disposable mask) asli atau tidak.

Masker Disposable

Ada beberapa uji visual yang bisa dilakukan:

Sobek bagian sisi masker medis. Masker media yang asli terdiri dari 3 lapis, dengan lapisan tengah seperti tisu yang bersifat elektrostatis. Sedangkan yang palsu, bagian tengahnya terbuat dari kertas.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru