free hit counters
 

Jalan Masih Panjang untuk Ungkap Misteri Asal-Usul Virus Corona

Eramuslim.com – Laporan pendahuluan WHO atas asal usul virus corona akan merekomendasikan penelusuran kontak yang lebih luas untuk pasien pertama yang terkena Covid-19 di Wuhan, China, termasuk rantai pasokan puluhan pedagang di pasar hewan laut Huanan, yang diperkirakan memiliki peran penting dalam penyebaran awal Covid-19 pada akhir 2019. Demikian disampaikan penyelidik yang mengetahui draf laporan tersebut.

Ilmuwan independen menyampaikan kepada CNN, kerja investigasi dasar yang direkomendasikan seharusnya dilakukan berbulan-bulan sebelumnya oleh para ilmuwan China yang menyelidiki asal-usul virus. Mereka menganggapnya “mengejutkan” dan “tidak masuk akal” para ilmuwan China belum melakukan tugas itu.

Rekomendasi panel akan mengejar, antara lain, dua jalur penyelidikan utama, kata para penyelidik yang mengetahui draf laporan tersebut kepada CNN, seperti dikutip dari laman CNN pada Senin (22/2).

Pertama, mereka akan meminta penelusuran lebih lanjut riwayat kontak pasien pada 8 Desember 2019 di Wuhan, kasus pertama infeksi virus corona yang dikonfirmasi oleh para ilmuwan China dan panel WHO. Pasien belum diidentifikasi secara publik, tetapi menurut penyelidik WHO, pasien itu adalah seorang pekerja kantoran berusia empat puluhan tanpa riwayat perjalanan atau kontak, yang tinggal bersama istri dan anaknya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Tahukah Anda Terbaru