free hit counters
 

Makam Kuno Belanda di Kebun Raya Bogor, Misteri Dua Nama dalam Satu Nisan

Letak kompleks makam kuno Belanda ini tidak jauh dari pintu masuk ke Kebun Raya dari sisi Kantor Pos Bogor. Dari jalan yang membelah Kebun Raya ini , kompleks makam kuno Belanda ini tidak terlihat karena terhalang pepohonan dan rumpun bambu. (Baca juga; Viral! Aksi Pemuda Injak Makam Belanda untuk Foto-foto di Kebun Raya Bogor )

Lokasi pemakaman ini , kalau tidak dipisahkan pagar, hanya berjarak sekitar 300-400 meter saja dari Istana Bogor. Ciri khas makam kuno Belanda (kerkoff) adanya prasasti bergaya arsitektur masa lalu di negara Tulip tersebut.Sebagian memiliki pahatan di dindingnya. (Baca juga; Sejarah Bogor, Kota Tanpa Rasa Risau Tempat Istirahat Gubernur Jenderal Belanda hingga Soekarno )

Ada yang memiliki bentuk seperti obelisk atau juga berupa patung malaikat dari batu marmer. Biasanya dilengkapi nisan yang juga dari batu marmer berisi identitas pemilik makam yang ditulis dengan huruf gotik hingga menghadirkan kesan sakral. Kadang juga digunakan huruf roman, kapital, dan sambung.
Makam Kuno Belanda di Kebun Raya Bogor, Misteri Dua Nama dalam Satu Nisan

Kompleks makam kuno Belanda ini bisa dikatakan tempat peristirahatan terakhir bagi banyak orang penting pada masanya. Seperti makam DJ de Eerens, seorang Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang hidup tahun 1781-1840. Hanya ada dua Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang meninggal dan dimakamkan di Indonesia, salah satunya DJ de Eerens.

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Tahukah Anda Terbaru