free hit counters
 

Tanda Sucpect Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Eramuslim.com – Kasus virus corona di Indonesia sudah memasuki waktu lebih dua pekan. Berdasarkan data pemerintah, hingga Rabu (18/3), jumlah positif kasus virus corona di Indonesia mencapai 227 kasus.

Jumlah yang meninggal mencapai 19 orang. Sementara, yang ada 11 orang pasisen corona yang dinyatakan sembuh.

Lalu, seperti apa tanda orang terpapar virus corona? Kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu, Dokter Spesialis Paru RS Awal Bros Bekasi Timur, dr. Annisa Sutera Insani, SpP, mengatakan,  gejala yang timbul dari virus tersebut adalah demam, lemas, batuk, dan sesak atau kesulitan bernafas. Beberapa kondisi ditemukan lebih berat.

Orang dengan lanjut usia atau sedang memiliki penyakit penyerta lainnya memiliki risiko lebih tinggi untuk memperberat kondisi. Adapun, dampak terburuk yang dapat terjadi adalah infeksi berat (sepsis), kondisi shock, gagal pernafasan, dan meninggal.

Indikasi-indikasi medis yang dapat menyatakan bahwa seseorang terserang virus tersebut adalah indikasi medis yang dalam masuk kategori suspect (terduga) yaitu pasien dengan gejala yang telah disebutkan sebelumnya namun dalam kondisi yang berat dan membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tanpa etiologi (bakteri atau virus) yang jelas dan minimal memenuhi satu dari kriteria seperti riwayat perjalanan ke Wuhan, China selama 14 hari terakhir. Kriteria lain yang bisa jadi indikasi adalah pasien merupakan petugas kesehatan yang merawat pasien infeksi akut respirasi yang berat.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru