free hit counters
 

Tata Cara Khutbah Jumat Sesuai Sunnah, Lengkap Syarat dan Rukunnya

Eramuslim.com – Jumat merupakan hari istimewa bagi umat muslim. Pada hari Jumat seluruh kaum muslim khususnya laki-laki berkumpul di masjid untuk melaksanakan sholat Jumat. Sebelum melaksanakan sholat, terlebih dahulu jamaah mendengarkan dua khutbah Jumat.

Shalat Jumat hukumnya fardhu ain bagi setiap muslim yang mukallah, laki-laki, merdeka, dan sehat. Sholat Jumat dikerjakan secara berjamaah. Yang tidak diwajibkan untuk sholat Jumat adalah perempuan, anak kecil, orang sakit, musafir, orang yang sedang bersembunyi dari penguasa zalim, dan adanya udzur yang diperbolehkan syara’ misalnya terhalang banjir.

Ada dua rukun sholat Jumat:

Pertama adalah mendengarkan dua khutbah Jumat, dan kedua adalah Sholat berjamaah dua rakaat. Dalam khutbah jumat, terdapat tata cara khutbah jumat Sunnah.

Syarat Khutbah Jumat

Khutbah pada sholat Jumat merupakan bagain rukun sholat Jumat. Khutbah Jumat disampaikan oleh seorang khatib. Penyampaian Khutbah jumat terbagi menjadi dua sesi. Syarat-syarat dua khutbah Jumat ada 10. Syarat tersebut antara lain adalah :

1.  Khatib harus laki-laki

2.  Khatib yang memberikan khutbah harus suci dari hadas besar dan kecil



4.  Khatib harus menutup aurat.

5.  Khatib harus berdiri apabila mampu.

6.  Khutbah harus dilaksanakan pada waktu dzuhur setelah azan ke-2 sholat jumat.

7.  Isi rukun khutbah baik khutbah pertama dan khutbah kedua harus didengar oleh jamaah sekurang-kurangnya 40 orang jamaah laki-laki.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru