free hit counters
 

KULIT KERING SAAT PUASA? ATASI DENGAN CARA SEDERHANA INI!

EramuslimAdvertorial

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Dimana kita diharuskan untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 – 13 jam. Sudah siapkah kalian menyambutnya?

Ada beberapa keluhan yang biasa dialami selama berpuasa, salah satunya adalah kulit kering. Padahal, kondisi kulit kering saat puasa bisa diatasi dengan cara yang sederhana, lho. Hal ini dipaparkan oleh dr. Ika Anggraini, SpDV. Ia menjelaskan ada beberapa hal yang bisa menjadi kendala berpuasa yang mengakibatkan kulit menjadi kering.

“Kendala menjaga hidrasi kulit pada saat Ramadan adalah karena perubahan pola asupan makanan, di mana biasanya tubuh dapat memperoleh asupan tanpa adanya batasan jam khusus, namun ketika Ramadan tubuh tidak mendapat asupan dalam kurun waktu sekitar 13 jam,” ungkap dr. Ika.

 

Sementara, tubuh kita tetap bermetabolisme seperti biasanya, yang artinya tetap mengekskresikan cairan dari keringat dan buang air kecil. Hal inilah yang menjadi penyebab kulit menjadi kering.

Selain itu, dr. Ika juga memberikan beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menghindari kulit kering saat puasa sebagai berikut :

 

Pastikan kecukupan cairan tercukupi

“Kita dapat menghindari dehidrasi pada kulit semasa Ramadan, antara lain dengan memperoleh asupan cairan yang cukup ketika sahur dan buka puasa. Usahakan minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Direkomendasikan untuk minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas ketika sahur,” tandas dr. Ika.

 

Perbanyak makan sayur dan buah

Asupan makanan yang dapat dikonsumsi yaitu makanan berkuah (sup), sayur seperti selada dan buah-buahan yang mengandung air, contohnya semangka dan jeruk. Buah ini juga dapat membantu menambah asupan cairan tubuh selain mengkonsumsi air minum.

Kurangi konsumsi kafein

“Disarankan untuk mengurangi konsumsi kafein karena kafein merupakan diuretik yang akan meningkatkan risiko kehilangan cairan dari tubuh,” sambung dr. Ika.

 

Olahraga saat puasa

Meskipun sedang berpuasa, dr. Ika tetap mengingatkan untuk tetap melaksanakan aktivitas fisik. Pasalnya dengan berolahraga, tubuh tetap berfungsi dengan baik saat mengeksresikan cairan. Namun ingat, olahraga saat berpuasa sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa, ya.

Gunakan produk perawatan kulit yang tepat

“Olahraga akan lebih optimal apabila dilakukan setelah berbuka puasa karena kebutuhan dan eksresi cairan yang meningkat ketika olahraga. Akan lebih baik jika dilakukan setelah menjalankan ibadah shalat tarawih, agar lebih lengkap ibadahnya. Mandi dua kali sehari dengan air biasa atau suam kuku, gunakan sabun yang mengandung pelembap, serta gunakan pelembap secara rutin sehingga dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit,” tutup dr. Ika.



Kandra Body Lotion hadir dalam dua varian, yaitu Dynamic Ocean Blue dan Energetic Fresh Honey. Kandungan bahan aktif di dalam body lotion ini dapat membantu kulit tampak cerah, menjaga agar kulit tetap halus dan lembut. Serta dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Untuk informasi produk Kandra, pemesanan Kandra, keagenan dan distributor Kandra silahkan klik tombol di bawah ini.

Whatsapp : 0821-1763-0304
Instagram : https://www.https://www.instagram.com/marblbeautystore/
Facebook : https://www.facebook.com/marblbeautystore/
Website : https://www.marblbeautystore.com

Uncategorized Terbaru