free hit counters
 

Shahih-tidaknya Hadits Meninggalkan Shalat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pak Ustadz ana mendapat email dari teman ana perihal : Dosa yang lebih besar dari berzina. didalam email tersebut tercantum hadist Rasululloh SAW yang menyatakan bahwa : Orang yang meninggalkan Shalat lebih besar dosanya dibanding dengan orang yang membakar 70 buah Al-Qur’an, membunuh 70 Nabi dan bersetubuh dengan Ibunya didalam Ka’bah. Pertanyaannya apakah hadist tsb Shahih atau Dhaif (lemah) ? dan siapa yang meriwayatkannya?

Demikian disampaikan.

Jazakalloh Khairan katsiro.

A. Arridwan

Waalaikumussalam Wr Wb

Suadara Arridwan yang dimuliakan Allah swt

Tak syak lagi bahwa zina adalah perbuatan buruk lagi keji serta salah satu dari dosa besar yang mesti dihindari oleh setiap muslim bahkan Islam memerintahkan agar menjauhi segala muqoddimahnya agar tidak terjatuh kedalam perzinahan kemaluan, sebagaimana firman Allah swt :

Artinya : “Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra : 32)

Diriwayatkan dari Abu Hurairoh dari Nabi saw bersabda,”Jauhilah tujuh dosa besar.” Para sahabat bertanya,”Wahai Rasulullah apa sajakah itu?” beliau saw menjawab,”Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan cara yang dibenarkan, memakan riba, memakan harta anak yatim, lari di hari pertemuan dengan musuh, menuduh wanita-wanita yang baik-baik, lengah lagi beriman melakukan zina.” (HR.Bukhori dan Muslim)

Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairoh dari Nabi saw bersabda,”Tidaklah seorang pezina yang berzina ketika dia berzina adalah orang beriman.”



Diriwayatkan oleh Abu Daud, at Tirmidzi dan al Hakim dari Abu Hurairoh juga bahwa Nabi saw bersabda,”Apabila seseorang berzina maka telah keluarlah keimanan (dari dirinya) dan seakan-akan diatasnya terdapat naungan awan. Jika orang itu menghentikan (perbuatan itu) maka keimanan itu kembali kepadanya.”

Demikianlah diantara dalil-dalil yang menunjukkan betapa besarnya dosa zina yang dilakukan seseorang ketika dirinya tidak bersegera bertaubat kepada Allah swt.

Adapun hadits yang anda tanyakan yang berbunyi,” Orang yang meninggalkan Shalat lebih besar dosanya dibanding dengan orang yang membakar 70 buah Al-Qur’an, membunuh 70 malaikat.” maka lafazh seperti ini tidaklah ditemukan didalam buku-buku hadits dikalangan Ahlus Sunnah wal Jama’ah dan ada kemungkinan ada didalam buku-buku syi’ah.

Wallahu A’lam

Ustadz Menjawab Terbaru

blog comments powered by Disqus