free hit counters
 

Usia Sudah Lanjut, Bagaimana Memulai Hapalkan Quran?

Wa alaikum salam Pak Dodi yang insyaAllah dirahmati Allah SWT.

Menghafal al quran untuk manula adalah bukan suatu hal yang teramat  sulit , bukan suatu yang mustahil, dan bisa dicapai.

Kita tidak boleh membiarkan sugesti-sugesti dan mindsets negatif menguasai pikiran kita, yang nantinya akan berdampak kepada kepesimisan yang berujung kegagalan.

Tentunya, cara menghafal seorang manula tak bisa sama dengan para pemuda atau usia muda, ia memiliki kiat-kiat dan metodenya tersendiri.

Kalau ingin saya analogikan, metode menghafal al quran di masa tua itu  , untuk kemudahannya,  seperti metode menghafal quran di masa usia dini, ia butuh perhatian dan perlakuan khusus.

Adapun kiat-kiatnya adalah sebagai berikut:

[  ] Memperbanyak menyimak Murottal Al-Quran. Salah satu cara termudah untuk menghafal al quran, semakin sering kita dengar, maka memori di otak kita pun akan menangkapnya dan menyimpannya secara reflek.

[  ] Memulai dari surat-surat yang pendek, selain mudah dihafal, ini juga dapat membangkitkan semangat moral untuk menghafal lebih jauh lagi.

[  ] Memperbanyak Tilawah mandiri, pasang target bapak dan upayakan agar selalu bisa mencapainya, cara ini juga bermanfaat agar lisan kita senantiasa terbiasa membaca ayat-ayat Al-Quran

[  ] Cari pendamping/asisten, tentunya dengan mendapat bantuan dari teman/relasi kita,  proses menghafal pun akan menjadi lebih mudah, karena ada yang siap menyimak hafalan kita dan memperbaiki bacaan kita. Diutamakan seorang yang pintar memotivasi.

[  ] Jangan lupa murojaah, ia adalah merupakan hal pokok dalam aspek menjaga hafalan, dan tidak bisa ditinggalkan. Mengulang-ulang hafalan Al quran ini adalah cara untuk mengawetkan dan menguatkan ayat-ayat yang telah kita hafal sebelumnya. Alangkah lebih baik, jikalau kita targetkan sesuai dengan jumlah hafalan kita (2 halaman/hari contohnya)

Demikian adalah kiat-kiat untuk menghafal al quran di usia manula, semoga bermanfaat dan membawa berkah



والله أعلم بالصوّاب

(sebagian dikutip sufaraquran.com)

Ustadz Zidni TDN

At Jordania

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2

Ustadz Menjawab Terbaru