free hit counters
 

Eramuslim OC#7 : PENJARA BAWAH TANAH TJUT NYA’ DIEN DI MUSEUM JAKARTA

Redaksi – Jumat, 9 Maret 2018 06:15 WIB

loading...

Eramuslim.com – Prang Aceh atau jihad mujahidin Nanggroe Aceh Darussalam merupakan salah satu perang terpanjang dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Prang Aceh tidak pernah padam, sampai Belanda angkat kaki dari Nusantara.

Kisah perjuangan Tjut Nyak Dien terekam jelas dalam prang Aceh ini , hingga beliau ditangkap akibat penghianatan anak buahnya yang memberikan info tempat persembunyiannya.

Hingga Tjut Nya’ Dien dibawa ke Banda Aceh lalu dibuang ke Tanah Jawa. Dari pelabuhan Sunda Kelapa, Belanda memenjarakan Tjut Nya’ Dien di penjara khusus perempuan di bawah lantai Gedung Stadhuis, yang kini menjadi Museum Sejarah Jakarta.

Kini, penjara itu masih bisa disaksikan di bagian belakang gedung Museum Sejarah Jakarta. Penjara itu sekarang tidak lagi lembab, sangat beda dengan kondisi dulu saat para pejuang dikurung disana. Tjut Nya’ Dien telah menorehkan namanya dengan tinta emas sejarah perjuangan bangsa ini. Janganlah kita sekali-kali melupakannya.

Link eramuslim official channel :

https://www.youtube.com/channel/UCes9taUDLMYdjri8mZFor_w

Ikuti kisahnya dan fakta di eramuslim official Channel, jangan lupa subscribe dan share bila para netizen merasakan   ada manfaatnya

Ini link videonya :

Video Terbaru

blog comments powered by Disqus