free hit counters
 

Satu Rumah Satu Penghapal Quran, Langkah Menuju Kemenangan Islam (1)

Redaksi – Senin, 14 Zulqa'dah 1435 H / 8 September 2014 11:30 WIB

quraniaSaudaraku…Rasullullah SAW pernah bersabda :

” Sesungguhnya Alloh akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini dan akan merendahkan/menghinakan suatu kaum dengan kitab ini pula.” (HR MUSLIM)

Hadis yang singkat ini menarik untuk kita kaji karena di dalamnya ada isyarat yang jelas dan tegas dari Rasulullah saw bagaimana meraih posisi kemuliaan umat ini.

Alloh akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini dengan asbab kaum tersebut memiliki interaksi yang kuat dengan al Quran, dan mereka punya kecintaan yang besar pula kepada al Quran, dan bahkan mereka menjadikan Al Quran sebagai panduan kehidupannya.

Sebagaimana disampaikan Alloh dalam ayatnya :

“Sesungguhnya al Quran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang paling lurus (QS Al Israa- 9)

Mereka yakin jalan yang ditunjukkan oleh al Quran adalah jalan kehidupan terbaik yang akan mengantarkan mereka kepada kemuliaan, kejayaan umat,dan kemenangan di dunia maupun akheratnya.

Mereka cinta membacanya,menghafalnya,mentadaburinya,menggali kandungan petunjuk petunjuknya kemudian mengamalkan dalam kesehariannya, tidak cukup dengan itu, mereka gigih mendakwahkannya kepada seluruh umat manusia dan bahkan memperjuangkan nilai nilai ajarannya agar menjadi realitas yang bisa dirasakan kemanfaatannya oleh umat manusia.

Dan Alloh akan menghinakan dan merendahkan suatu kaum dengan kitab ini dengan asbab kaum tersebut meninggalkan al Quran, acuh tak acuh terhadapnya, tidak mau membacanya, mempelajarinya, apalagi mengamalkannya bahkan mencari kitab manusia atau aturan manusia  untuk dijadikan rujukan  . Hawa nafsu dan kecintaan yang sangat terhadap dunia memenuhi relung hatinya, impian dan tujuan hidupnya sekedar mengejar harta, tahta, wanita dan kesenangan dunia lainnya.Maka bagaimana kaum yang seperti ini berharap Alloh akan memberikan kemenangan dan kemuliaan baginya?? … Yang terjadi kemungkinan Allah berlepas tangan atas nasib kaum muslimin …

Mereka tidak ada semangat mempelajari agamanya, tidak risau dengan kehidupan kelak di akheratnya, tidak peduli pula bagaimana nasib saudara saudaranya yang tengah dizhalimi, tidak risau pula ketika martabat dan kehormatan agamanya dinodai bahkan diinjak injak.

Bisa jadi kaum yang semacam ini Alloh turunkan derajatnya bahkan Alloh hinakan sama dengan derajatnya binatang, yang hidup hanya untuk mengenyangkan perut dan nafsunya tanpa ada keinginan mencari kemuliaan hakiki di hadapan Robb-nya.

Dengan perenungan tersebut, marilah kita bersama merapihkan shaf umat islam, bersama sama mari bangun generasi qurani. Sudah terbukti kebenaran dari hadis nabi di awal ulasan ini, Alloh akan angkat derajad suatu umat dengan kuatnya interaksi terhadap al Quran. Mari gencarkan program kaderisasi penghafal al quran, program tadabur,dan program pengamalan al Quran di dalam tubuh umat ini, khususnya pembinaan yang intensif kepada generasi muda. Karena merekalah yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan umat dimasa datang.

Berikan dasar Quran yang kuat bagi mereka, sehingga mereka kelak akan tumbuh menjadi pemuda Qurani dan bila mereka menjadi pemimpin, maka mereka akan memimpin umatnya dengan nilai nilai al Quran yang mulia. Mereka akan memperbaiki kondisi umat ini sehingga umat akan menapaki jalan jalan kesalihan,keberkahan hidup,dan kemenangan umat.

Antarkan mereka mengejar mimpi mimpi dan cita cita mereka tapi jangan lupa berikan bekal al quran yang kuat. Bagi yang ingin menjadi pegusaha,jadilah pengusaha yang hafal alquran.Bagi yang ingin jadi dosen, jadilah dosen yang hafal alquran. Bagi yang ingin menjadi birokrat, jadilah birokrat yg hafal alquran.Bagi yang ingin menjadi dokter jadilah dokter yang hafal quran dan mengamalkannya.Demikian seterusnya.

Semoga mereka menjadi orang orang yang profesional dibidangnya namun pemikiran,hati,semangat,dan ahlaqnya adalah ahlaq yang Qurani.Dengan harapan mereka akan mewarnai semua dimensi kehidupan umat ini dengan nilai nilai yang qurani.

Untuk itu, sudah seharusnya kita gencarkan bersama ,semangat mewujudkan masyarakat indonesia sebagai masyarakat yang qurani dengan Gerakan SATU RUMAH SATU PENGHAFAL Al QURAN. Bila ini bisa terwujud,betapa banyak kader kader pemimpin yang hafal quran yang kita miliki, inhsa Alloh 20 atau 30 tahun yang akan datang,Indonesia akan menjadi bangsa yang besar.Dan alquran akan membimbing mereka ini menapaki jalan yang paling diridhoi Alloh dan yang paling lurus ,menunjukkan jalan keluar dari permasalahan umat dan bangsa ini,kemudian berjuang keras menuju masa kebangkitan,kemenangan dan kejayaan umat ini.

inna wa’dallohi haqq…

Bogor,22 juli 2014

Ditulis oleh:

Gunawan Wibisono

Pembina Rumah Qur’an

(Rumah yatim duafa dan penghafal al quran)

“MUTIARA INSANI”

Ngawi-Jawa timur

Agenda prioritas Rumah Quran “MUTIARA INSANI”:

Rencana pembebasan tanah seluas 3900m dengan harga 380 juta.

Dengan hanya 100ribu,kaum muslimin sudah bisa wakaf  per 1m2 tanah .

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan pembangunan gedung kaderisasi dan pembinaan penghafal Al quran

Mari wujudkan kampung kampung Al quran dengan

GERAKAN SATU RUMAH SATU PENGHAFAL ALQURAN

Zakat,infak,maupun wakaf bisa disalurkan melalui  rekening berikut ini :

1.Rek Bank Muamalat

905 660 789 901 atas nama Gunawan Wibisono

2.Rek Bank BRI

643 001 003 960 533 atas nama Yusuf Masruri( bagian Keuangan)

3.Rek Bank Mandiri

900 00 0648314 4 atas nama Kustiati (bagian fundrising):

Konfirmasi wakaf/infaq nya bisa di telepon/sms sebagai berikut :

Gunawan Wibisono 081386247877

Kustiati 081380988200

Yusuf Masruri 081232024422 

Jazakumullohu khoiron katsiro…

loading...

Wakaf Terbaru

blog comments powered by Disqus