Di Jepang, Harga Buah Dapat Mencapai Harga Sebuah Perhiasan

buahKetika kita mengunjungi Jepang dan mampir ke beberapa toko buah dan supermarket tertentu, mungkin kita sebagai turis asing terkejut ketika mengetahui harga sebuah buah yang hampir sama dengan harga perhiasan.

Di toko khusus ini biasanya menjual berbagai jenis buah seperti anggur , apel, pir dan aprikot  yang disajikan seolah-olah mereka ‘harta perhiasan’ yang dijual. Buah ini tidak dijual dalam satuan berat, akan tetapi dijual satuan per buah dan satu tangkai untuk anggur, oleh karena itu buah-buah ini harus mendekati sempurna dalam bentuk mereka,.

Buah-buah ini akan ditempatkan dalam sebuah etalase khusus dan dibungkus secara khusus pula, tujuannya agar setiap orang tidak dapat memegang langsung buah-buah mahal ini.

Bulan Juli lalu, setangkai anggur ” Ruby Roman ” yang di tanam di daerah Ishikawa dijual dengan harga ¥ 400,000 Yen ( sekitar tiga ribu euro) , sedangkan setangkai anggur yang berukuran besar harganya dapat 80 ribu euro.

Sedangkan pada setiap bulan Mei, para petani akan mengadakan lelang buah melon dengan bentuk bulat penuh dan sempurna yang dibudidayakan di daerah Hokkaido, pulau-pulau utama Jepang di utara . Dengan harga sekotak kayu sampai sekitar 12 ribu euro.

Menurut manager toko buah di salah satu tempat di Tokyo, Yoshinobu Ishiyama,”kebanyakan pelanggan kami membeli buah sebagai hadiah, jadi kami menyediakan produk-produk buah terbaik dari Jepang.”

Dia menambahkan , ” Buah harus dalam bentuk yang luar biasa dan sempurna, serta mempunyai rasa yang terbaik. Sementara buah persik yang besar di toko kami dapat mencapai harga 20 Euro, dan sekelompok tangkai anggur sekitar 55 euro.”

Tentu saja buah-buah ini bukan untuk konsumsi sehari-hari masyarakat Jepang. Jika untuk konsumsi harian masyarakat akan lebih memilih membeli di pasar-pasar buah, biasanya pelanggan yang membeli buah-buah khusus ini untuk dijadikan hadiah kepada orang-orang yang dianggap khusus bagi mereka. (skynewsarabia/Zhd)