45 Jenderal Tentara Suriah Membelot

Menteri dalam Negeri Turki, Idris Naim Sahim, mengatakan bahwa pihaknya telah memutuskan untuk memberikan izin kepada para pengungsi Suriah yang memegang Paspor untuk tinggal satu tahun di semua kota di Turki kecuali kota-kota di perbatasan.

Sahin mengatakan, “kementerian Dalam Negeri Turki juga memutuskan memberikan perlakuan khusus kepada warga Suriah yang mengungsi dari kekerasan di negara mereka”.

Dia menjelaskan bahwa warga Suriah memerlukan layanan pendidikan dan kesehatan dan hal itu menuntut ditetapkannya izin resmi di negeri ini, dan menunjukkan bahwa pemberian ijin tinggal resmi kepada mereka akan menjamin hak-hak mereka di Turki.

Dalam surat kabar “Zaman” Turki disebutkan bahwa 46 tentara militer Suriah membelot dan melarikan diri ke Turki pada Jum’at (30/11)karena meningkatnya kekerasan di negara.

Di dalam situs surat kabar itu disebutkan bahwa terdapat 46 perwira jenderal, 3 kolonel dan 2 letnan kolonel, disamping itu juga terdapat satu berpangkat mayor dan tiga sersan serta tiga sersan utama, dan beberapa tentara beserta keluarganya, mereka membelot dan menyeberang ke desa Bokolmes provinsi Turki Hatay Selatan. Hal ini menambah jumlah Jenderal Suriah yang membelot ke Turki, yang tercatat hingga saat ini mencapai 45 jenderal. (hr)