Gelombang Pengungsi Suriah Membludak Menuju Yordania

Sebuah sumber resmi di Komando Umum pasukan bersenjata Yordania,mengatakan bahwa penjaga perbatasan yang menerima dalam tiga hari terakhir, lebih dari dua puluh ribu pengungsi Suriah, termasuk ratusan terluka dan sakit.

Sumber tersebut mengatakan – dalam sebuah pernyataan pers yang dikeluarkan pada hari Rabu – 12 jam terakhir perbatasan yordania menerima 6.134 pengungsi Suriah dari kelompok usia yang berbeda, sebagian besar dari mereka anak-anak, wanita dan orang tua. Jumlah pengungsi yang telah menyeberang melalui penjaga perbatasan ke Yordania sejak awal krisis Suriah  bahkan sampai pagi ini sekitar 159 ribu pengungsi.

Sumber tersebut menunjukkan bahwa yordania telah menggunakan semua sarana transportasi yang tersedia untuk mengevakuasi pengungsi ke tempat penampungan disiapkan dan dikembangkan oleh Angkatan Bersenjata Yordania dan memberi mereka bantuan kemanusiaan yang penting termasuk makanan, minuman, pakaian dan sarana pemanasan dan persediaan makanan untuk anak-anak. Juga disediakan armada bus besar militer untuk mengangkut para pengungsi ke kamp “Zaatari “Mafraq Governorate.

Yordania saat ini menaungi lebih dari 300 ribu pengungsi Suriah sejak pecahnya krisis di Suriah pertengahan Maret 2011.

(zas/islamtoday)