Mantan PM Ceko: Muslim itu Seperti Nazi dan Komunis

Mantan Perdana Menter Ceko, Milos Zeman kembali melontarkan pernyataan kebencian terhadap Islam dan Muslim. Akibarnya, Zeman menuai kecaman tajam dan kemungkinan menghadapi gugatan tindakan kriminal.

Dalam sebuah konferensi internasional di Eropa bulan Juni lalu, Zeman mengatakan bahwa umat Islam adalah musuh Eropa. "Musuh ini antiperadaban, yang tersebar mulai dari Afrika Utara sampai Indonesia," kata Zeman dalam konferensi itu.

"Dua milyar orang (muslim) hidup dalam Islam dan mereka didanai, sebagian dari penjualan minyak dan sebagian lagi dari penjualan narkoba," sambung Zeman yang dikutip kantor berita Ceko.

Pada hari Kamis pekan kemarin, Zeman yang menjadi perdana menteri pada tahun 1998-2002, kembali mengungkapkan kebenciannya terhadap Islam dan Muslim. Ia menyamakan muslim dengan orang-orang Nazi dan komunis.

"Orang-orang Islam meyakini Al-Quran, seperti orang-orang Nazi meyakini supremasi ras dan membenci kaum Yahudi dan seperti orang-orang komunis yang memperjuangan persamaan kelas dan diktator proletariat," tukas Zeman.

Ia juga mengatakan bahwa agama Islam lebih agresif dan sangat tidak toleran, dibandingkan dengan agama Kristen, Budha, Konfusius dan agama-agama lainnya di dunia. Zeman juga menuding bahwa Al-Quran mengajarkan orang untuk melakukan penjajahan, perbudakan dan pembunuhan terhadap orang-orang non-Muslim.

Di Ceko, Zeman memang dikenal dengan pernyataan-pernyataan pedasnya tentang Islam dan Muslim. Namun pernyataan Zeman dalam konferensi dan pada pekan kemarin dianggap sudah keterlaluan sehingga menuai kecaman. (kw/PrahaDM)