Oposisi Yaman Merayakan Kemenangan

Para aktivis muda hari Minggu , mereka merayakan apa yang mereka katakan adalah jatuhnya rejim Yaman yang dipimpin Presiden Ali Abdullah Saleh, setelah dia meninggalkan negara itu, dan pergi ke Arab Saudi.

"Hari ini, baru lahir Yaman," , teriak mereka. Mereka bernyanyi di Sanaa’s University Square – dijuluki "Perubahan" Square – pusat gerakan protes anti-rezim yang berkobar melawan kekuasaan Saleh sejak Januari. "Rezim telah jatuh," teriak lainnya.

Di kota Yaman terbesar kedua Taez, sebuah titik nyala demonstrasi anti-rezim selatan Sanaa, ratusan juga merayakan kemenangan."Kebebasan .. Kebebasan, Ali telah melarikan diri", ujar mereka

Presiden Ali Abdullah Saleh (69), mengalami luka-luka, akibat ledakan saat dia berdoa di sebuah masjid di dalam kompleks Istana Presiden pada Jumat. Kemudian, pemimpin Yaman itu diterbangkan ke Riyadh, Sabtu malam dengan menggunakan pesawat khusus, ujar seorang pejabat Saudi.

Presiden ali Abdullah Saleh berkuasa sejak tahun 1978, dan menolak tuntuntan mundur dari kalangan oposisi, dan mengatakan akan kembali ke Yaman, kata pejabat itu.

Pemimpin Yaman Saleh yang mengalami luka-luka itu diterbangkan dengan campaur tangan langsung dari pemerintah Saudi, dan langsung dibaah ke Riyadh dengan pesawat khusus Saudi dan langsung dibawa ke rumah sakit militer Riyadh. Sementara itu, pesawat kedua digunakan mengangkut keluarganya, dan sejumlah pejabat negeri yang menagalami luka akibat serangan oposisi, terutama kelompok suku Hashid yang memberontak dibawah Shadiq al Ahmar.

Kerusakan cukup parah yang dialami masjid di kompleks presiden Yaman Ali Abdullah Saleh di Sanaa, akibat serangan rudal dari para pejuang oposisi.

Putranya tertua Ahmad, komandan Garda Republik elit, tetap di Yaman. Pihak oposisi mengatakan Ahmad adalah bersiap-siap untuk mengambil alih kekuasaan ayahnya sebelum oposisi mengambil alih.

Ledakan di masjid istana kepresidenan menewaskan 11 orang dan melukai 124 lainnya, menurut sebuah tol resmi.

Presiden Ali Abdullah Saleh menderita "luka bakar dan goresan pada wajah dan dada," kata seorang pejabat. Sementara, pemimpin Partai yang berkuasa Partai Kongres Rakyat telah mengatakan ia hanya "luka ringan di bagian belakang kepala."

Di Sanaa, sumber istana presiden dikonfirmasi kepergian Saleh, yang secara konstitusi akan digantikan oleh Wakil Presiden Abdrabuh Mansur Hadi, nampak tidak hadir saat pemimpin Yaman itu meninggalkan bandara.

Sebuah sumber yang dekat dengan Syekh Shadiq mengatakan pemimpin suku yang kuat adalah "berkomitmen untuk gencatan senjata yang didasarkan pada upaya mediasi yang dipimpin oleh Raja Saudi Abdullah dan Putra Mahkota Sultan bin Abdul Aziz meskipun masih terus terjadi pertempuran" oleh pasukan Saleh.

Warga di Taez melaporkan penjarahan telah terjadi, dan pria bersenjata telah menyita bangunan umum menyusul penarikan oleh pasukan keamanan yang menewaskan sedikitnya 50 orang dalam tindakan keras terhadap para demonstran anti-Saleh pekan lalu. (mh/aljz)