Zain Bikha: Dari Serangga Kecil Sampai Matahari Terbit Jadi Insipirasi Akan Kebesaran Allah

Apa tanggapan Anda terhadap kepada orang-orang yang mengatakan bahwa musik dilarang dalam Islam?

Well, pertama saya menghormati semua pendapat, saya sudah menyanyikan nasyid Islam selama hampir lima belas tahun. Dan satu hal yang saya tahu adalah bahwa topik ini sangat rawan. Ini adalah sesuatu yang memiliki berbagai pendapat yang berbeda di seluruh dunia dan saya menghargai pendapat yang dipilih oleh seseorang. Tapi saya juga memiliki sudut pandang. Dan alhamdulillah, saya telah melihat hasil dan efeknya, terutama pada anak muda yang paling rentan dalam hal musik. Jadi musik Islam bisa memberikan sesuatu yang positif bagi mereka Insya Allah. Saya tidak ragu tentang apa yang saya lakukan. Saya hanya berharap bahwa Allah Swt, Insya Allah selalu menjaga niat saya agar selalu bersih.

Bagaimana kita bisa merasa nyaman dengan hal yang kita lakukan?

Saya rasa selama Anda jujur, semuanya akan baik-baik saja. Anak-anak muda, Anda tahu, mereka suka diberitakan, sepanjang waktu, di sekolah, di rumah sehingga ketika mereka mendengarkan lagu-lagu, mereka menggunakannya sebagai outlet, sebagai sumber interaksi sosial. Kita melihat orang-orang muda, saya melihat anak saya kalau dia bersama dengan teman-temannya, dan salah satu yang selalu muncul di antara mereka adalah lagu …

Jadi kita harus menyadari hal ini dengan memanfaatkan medianya dengan benar. Saya ingin berkata kepada setiap munsyid pemula di luar sana; ketika Anda menempatkan sesuatu, baik itu puisi, lagu atau cerita, pastikan itu adalah bagian dari Anda, dan bukan orang lain. (sa/revival)