CSIS: Israel Punya Bom Nuklir Berkekuatan Satu Megaton

Sebuah laporan lembaga think-tank militer yang berbasis di Washington mengungkap fakta bahwa rejim Zionis Israel telah memproduksi senjata nuklir dengan kekuatan satu mega ton.

Menurut Center for Strategic and International Studies (CSIS), senjata-senjata berkepala nuklir milik Israel meliputi persenjataan yang mampu digunakan dalam serangan udara maupun dari laut. Laporan tersebut ditulis berdasarkan hasil penelitian mantan pakar bidang strategi di Departemen Pertahanan AS, Anthony Cordsmen.

Ia mengungkapkan, Israel saat ini memiliki sekitar 200 kepala nuklir. Bom-bom berkekuatan megaton, kata Cordsmen, sama dengan kekuatan dua kali MK 18, yaitu bom paling dashsyat yang dimiliki AS saat ini yang mengandung 60 kilogram uranium.

Laporan CSIS ini makin memperkuat keyakinan bahwa Israel adalah satu-satunya negara di Timur Tengah yang mengembangkan persenjataan nuklir. Selama ini Israel bersikap ambigu, tidak membantah dan tidak mengiyakan bahwa mereka memiliki senjata-senjata nuklir. Israel bersama sekutunya AS, malah melakukan perang psikologis mengkritik program nuklir Iran dengan tudingan Iran sedang membangun persenjataan nuklirnya. Sungguh memalukan, karena ternyata Israel sendiri yang diam-diam membuat senjata pembunuh massal.

Mantan pejabat CIA yang pernah menjadi penasehat senior tiga presiden AS, termasuk Bush, Bruce Ridal baru-baru ini juga mengungkapkan pernyataan yang makin meyakinkan bahwa Israel ingin memonopoli penguasaan senjata nuklir. Menurut Ridal, Israel berambisi menyerang Iran untuk mempertahankan "monopoli nuklir" di kawasan Timur Tengah.

Laporan CSIS membuktikan bahwa Israel adalah negara berbahaya karena memiliki persenjataan nuklirnya, bagaimana sikap dunia internasional? Apakah akan bungkam atau bersikap keras seperti yang sikap mereka pada Iran, yang tidak terbukti bahwa program nuklirnya bukan untuk membuat senjata. (ln/presstv)