Inggris Kirim Astronout Muslim Pertama ke Luar Angkasa

Pemuda Muslim asal Ilford, Essex Inggris, Manawer Hussain menjadi astronaut Muslim pertama yang menjalankan misi luar angkasa Inggris. Manawer Hussain (25 tahun) terpilih setelah proses seleksi panjang dari ribuan pendaftar dari 90 negara yang ikut berkompetisi.

Dilansir dari The Guardian, Senin (26/12), Hussain mengatakan bukan ambisinya untuk pergi ke luar angkasa. Namun yang mendorong Hussain untuk lebih serius adalah mimpinya untuk menjadi astonot Muslim pertama asal Inggris. Prioritasnya ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

“Ini tidak pernah menjadi ambisi saya (pergi ke luar angkasa), sayapun merasa tidak bisa berkonstribusi apapun kepada dunia. Sehingga saya sampai pada titik kesimpulan kita telah banyak melakukan kegagalan di dunia ini. Ketika saya melihat kompetisi (ke luar angkasa) tersebut, saya berpikir ‘biarlah saya mencoba, lihat apa yang akan terjadi nanti,” katanya.
manawer
Hussain adalah seorang aktivis sosial yang dikenal sebagai penyair, pendiri agensi kreatif dan penggalang dana amal. Ia mendedikasikan capaiannya kepada orang yang menderita masalah kesehatan mental, dan ini menjadi misi penting dalam hidupnya.

Ia mendapatkan panggung dalam panggung pencarian bakat, Kruger Cowne, dengan mempertunjukkan video puisinya tentang rasa depresi dan kesehatan mental. Ia berencana merilis mixtape terbaru menampilkan puisi tentang kesehatan mental pada Maret mendatang, sebagai ulasan terbesarnya untuk 1000 siswa dari 30 sekolah di seluruh Inggris.

“Saya menggunakan cara itu sebagai podium untuk menjelajah berbagai masalah yang harus saya pikirkan. Apa yang mempengaruhiku adalah kamu harus menjadi seorang yang melayani dan mampu memberikan dampak ke banyak orang,” kata dia.

Hussain telah mengabdikan hidupnya untuk berkampanye bagi anak-anak sekolah yang mengalami ganguan kesehatan mental. Menurutnya guru-guru yang ikut mengajarpun berada dalam tekanan yang cukup berat sehingga perlu bantuan dari pihak luar.

Bahkan sebelum ia memenangkan kompetisi perjalanan ke luar angkasanya, Manawer Hussain telah menyumbangkan ribuan poundsterling untuk amal dan program anti rundungan di dunia maya bagi siswa di 400 sekolah.

Hussain menjadi YouTuber dengan memiliki saluran YouTube sendiri yang sukses dengan nama Hussain’s House, menampilkan wawancara dengan beberapa tokoh terkenal. Diantaranya Komedia Kevin Hart, Rapper G-Eazy Charlamagne dan presenter radio serta pembawa obor pada saat Olimpiade London.

Kompetisi ke luar angkasa yang ia menangkan merupakan perjalanan lebih dari 100 kilometer dengan pesawat luar angkasa XCOR milik Lynx Aerospace. Kontes ini dijalankan oleh asosiasi anak muda, One Young World, berisi generasi muda berprestasi dengan jenjang umur 18 hingga 30 tahun atas sponsor mantan Sekjen PBB Kofi Anan.

“Tidak pernah saya berpikir akan menang. Saya hanya berpikir jika saya bisa melalui beberapa tahap dan menjadi bagian dalam lembaga kemanusiaan, programnya akan dijalankan lebih serius. Ada Bob Geldof dan Fatima Bhutto, yang telah melakukan pekerjaan kemanusiaan di Pakistan. Saya ingin menjadi tuan rumah pertemuan influencer global untuk perubahan,” kata dia.

Selain itu Hussain pun telah menjadi bagian dari wajah publik, Muslim yang berprestasi dengan tetap menjaga imannya. Dalam pidatonya Hussain sempat menyebut, “Nama saya Husssain dan saya bukan teroris,” katanya merujuk sebuah cuplikan film ‘My Name is Khan.’ (kl/rol)