Jabhah Nusra Usir Faksi FSA Pro Barat dari Idlib, Suriah

jnJabhah al-Nusra  telah mengusir pemberontak Suriah Front Revolusioner yang didukung Barat (SRF) dari benteng mereka di provinsi barat laut Idlib setelah 24 jam pertempuran, lembaga monitoring mengatakan pada hari  Sabtu.

Kekalahan terjadi setelah beberapa pejuang SRF menyatakan  bergabung dengan Jabhah Al-Nusra, dipandang sebagai pukulan berat bagi upaya AS untuk menciptakan dan melatih pasukan pemberontak moderat sebagai penyeimbang mujahidin.

Al-Nusra menguasai kota  Deir Sinbel dan juga mengontrol sebagian besar kota-kota lain dan desa-desa di wilayah Jabal al-Zawiya, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Mereka merebut markas  SRF  dan beberapa tank, dan juga beberapa serdadu SRF menyatakan  bersumpah setia kepada al-Nusra, sementara yang lain melarikan diri,” kata organisasi monitoring yang berbasis di Inggris.

Observatory mengatakan Jabhah al-Nusra didukung oleh mujahidin  Negara Islam dalam operasinya .

SRF, yang didukung oleh Barat dan berbagai negara Arab, menginginkan pembentukan negara demokrasi di Suriah.

Dengan hilangnya benteng di Idlib, SRF kini hanya memiliki kehadiran yang tidak seberapa di wilayah Suriah selatan.

Pada hari Jumat, aktivis menerbitkan video yang menunjukkan Maarouf  panglima SRF mengecam  pemimpin Al-Nusra Abu Mohammad al-Jolani, dengan mengatakan: “Anda telah mencoreng nama Islam, dan Anda telah menodai agama Mengapa Anda melawan kami .  Pergi,Pergilah  melawan rezim (Assad)…?! ”

Dia menambahkan: “Anda , bukan hanya seperti Baghdadi … anda bajingan.”

Al-Nusra membalas di Twitter, menyatakan  Maarouf  telah menyimpang dari jalan revolusi.

Provinsi Idlib merupakan salah satu daerah pertama yang jatuh dari kontrol pemerintah, segera setelah pecahnya pemberontakan terhadap Assad pada 2011. (Arby/Dz)