Muslim Amerika Memohon Untuk Berakhirnya Keadaan Buruk Muslim Rohingya

Muslim Amerika Memohon Untuk Berakhirnya Keadaan Buruk Muslim Rohingya

KAIRO – Di tengah laporan penyiksaan dan kelaparan minoritas Muslim yang cukup besar, sebuah kelompok payung Muslim di Amerika Utara telah n menyerukan penghormatan hak asasi manusia untuk Rohingya Muslim di Myanmar.

“ISNA menolak kebijakan-kebijakan yang menindas yang sedang berlangsung dan sangat merasa sedih dengan pembunuhan Muslim Rohingya yang tidak bersalah baru-baru ini,” kata Masyarakat Islam Amerika Utara dalam pernyataan yang diperoleh OnIslam.net pada hari Minggu, 15 Juli.

“Kami menentang tegas terhadap penggunaan perbedaan etnis dan agama untuk penganiayaan terhadap masyarakat minoritas, terlepas dari negara, agama atau keadaan.

“Tindakan Pemerintah Myanmar saat ini tentu saja tidak dapat diterima, dan orang-orang Rohingya harus diberikan hak-hak dasar manusia.”

PBB menjelaskan bahwa sebagai salah satu minoritas dunia yang paling dianiaya, etnis-Bengali Myanmar Muslim, umumnya dikenal sebagai Rohingya, menghadapi berbagai diskriminasi di tanah air mereka.

Mereka telah mengabaikan hak kewarganegaraan sejak amandemen terhadap undang-undang kewarganegaraan tahun 1982 dan diperlakukan sebagai imigran ilegal di rumah mereka sendiri.

Pemerintah Myanmar serta mayoritas Buddha menolak untuk mengakui “Rohingya” istilah yang merujuk pada “Bengali.”

Kekerasan sektarian melanda negara bagian Rakhine barat bulan lalu setelah pembunuhan 10 Muslim dalam serangan oleh warga Buddha di bus mereka.

Serangan itu diikuti dengan pemerkosaan dan pembunuhan seorang wanita di negara yang berbatasan dengan Bangladesh, diamna Buddha menyalahkan Muslim untuk itu.

Kekerasan itu telah meninggalkan puluhan orang tewas dan puluhan ribu kehilangan tempat tinggal.

Korban tewas resmi dari kerusuhan dan sesudahnya yang tercatat 78, meskipun angka yang sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi.

Pengamat internasional dilarang mengunjungi negara bagian Rakhine utara, di mana mayoritas Rohingya hidup, membuat pengumpulan data yang akurat tidak memungkinkan.

Pekan lalu, Human Rights Watch menuduh pasukan keamanan Myanmar menggunakan “kekuatan brutal” terhadap Muslim Rohingya di negara itu.

ISNA meminta pemerintah Myanmar untuk menghormati hak-hak dasar Rohingya Muslim yang telah lama mengalami kesulitan besar dan penindasan di negara mereka.

“Rohingya Muslim memerlukan izin pemerintah untuk menikah, dilarang memiliki lebih dari dua anak per keluarga, dan menjadi sasaran perbudakan modern melalui kerja paksa,” kata ISNA.

“Karena pemerintah nasional menyangkal hak mereka untuk kewarganegaraan di tanah air mereka, banyak Rohingya yang memiliki tanah disita dan mereka dibatasi dari bepergian.”

Penyiksaan

Desakan ini muncul sebagai kelompok-kelompok bantuan memperingatkan bahwa Rohingya Muslim yang sedang disiksa dan kelaparan melarikan diri ke negara itu.

“Kami khawatir bahwa tingkat kekurangan gizi sudah terjadi dan akan terus meningkat secara dramatis,” kata Tarik Kadir pada Aksi Melawan Kelaparan The Guardian.

“Jika akses kemanusiaan gratis dan langsung disertai dengan keamanan yang terjamin tidak diberikan dengan cepat, tidak ada cara mereka tidak akan naik.”

Relawan telah berjuang untuk mencapai mereka yang terkena dampak kerusuhan sektarian sejak awal Juni, di tengah keluhan dari pembatasan pemerintah terhadap gerakan mereka.

PBB mengatakan Jumat bahwa 10 pekerja bantuan di negara bagian Rakhine telah ditangkap, lima di antaranya adalah staf PBB.

Sebagian besar relawan yang membantu Muslim Rohingya di Rakhine telah dievakuasi atau terpaksa melarikan diri dalam beberapa pekan terakhir.

Staf kelompok terpaksa meninggalkan negara bagian Rakhine, di mana sekitar 800.000 Rohingya hidup dan angka gizi buruk sudah jauh di atas indikator global untuk krisis kesehatan.

“Tidak ada cara untuk mengukur dampak selama bulan lalu karena staf kelompok relawan telah dievakuasi atau terpaksa lari,” kata Kadir.

“Dan mengingat bahwa musim hujan sedang berlangsung, ketika semua indikator terdapat dalam semua masalah, kita tidak perlu mengukurnya untuk tahu bahwa itu adalah bencana.”

Kelompok bantuan juga melaporkan penyiksaan terhadap orang Rohingya dan anak-anak, sekitar 12 tahun, di kantor polisi setelah polisi “menyerahkan mereka” untuk pemuda Rakhinese di dalam stasiun.

“Saya melihat pemuda-pemuda membakar testis dan penis laki-laki tua dengan [cerutu Burma] dan juga memukul tahanan Muslim muda dengan batangan besi dan mendorong tongkat kayu di anus mereka,” kata seorang warga dari Maungdaw di utara Rakhine.[wn/onislam.net]