Ulama Sudan Bolehkan Hewan Ternak Sakit Jadi Hewan Kurban

Menjelang hari raya Idul Adha, wabah penyakit menyerang hewan ternak di Sudan. Penyakit yang oleh masyarakat setempat dikenal sebagai penyakit deman Rift Valley sudah menyebabkan 96 orang tewas dan mengancam industri hewan potong di negara itu.

Meski demikian, para ulama menyatakan bahwa hewan-hewan ternak yang dicurigai mengidap penyakit tersebut masih boleh dijadikan hewan kurban untuk Idul Adha.

Lembaga Ulama Sudan, seperti dilansir surat kabar Akhir Lahzah, beralasan bahwa umat Islam dilarang memotong hewan kurban yang mengidap penyakit, yang disebut dalam Hadist.

Sementara itu, kementerian Sudan yang mengurusi bahan pangan dari hewan ternak mengungkapkan, tidak ada tanda-tanda bahwa stok hewan ternak yang ada saat ini, terjangkit deman Rift Valley. Tapi, karena sudah ada korban manusia, Sudah sudah melaporkan kasus ini pada Organisasi Kesehatan Dunia-WHO.

Demam Rift Valley dari hewan ternak bisa menular ke manusia lewat darah dan nyamuk dan sejauh ini belum ada vaksinnya. (ln/alaraby)