Kaesang Tuai Kecaman Netizen gegara Ungah Foto Kampanye di Masa Tenang

eramuslim.com – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengunggah foto-foto kampanye partainya di akun Instagram pribadinya, di masa tenang, Ahad malam, 11 Februari 2024.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu membuat empat kali unggahan. Ada sebanyak 16 foto-foto saat ia bersama istrinya, Erina Gudono menggelar kampanye di Kediri, Deli Serdang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Foto-foto yang diunggah di masa tenang kampanye Pilpres dan Pileg itu saat dia mengkampanyekan partainya dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden nomor urut 2 mendampingi Prabowo Subianto. Salah satu foto bahkan memperlihatkan ia tengah mempraktikkan cara mencoblos surat suara yang diarahkan ke foto kakaknya.

Kaesang Unggah Foto Selama Berkampanye

Perjalanan kampanye PSI yang kedua beralih ke Kediri! Antusiasmenya luar biasa. Mawar melawan kembali dihadiri oleh ribuan pendukung dan kader PSI. Di Kediri kami juga sempat kulineran, makan soto dan ketemu banyak anak-anak muda Kediri,” tulisnya pada salah satu unggahannya. Meski menyebut kulineran, foto-foto yang diunggahnya seluruhnya menunjukkan perjalanan kampanye ke daerah, di depan massa PSI.

Tak pelak, unggahan yang dilakukan dua jam menjelang tengah malam itu langsung banjir kecaman netizen. Kebanyakan mengecam tindakannya yang membuat unggahan kampanye di masa tenang. Pada Masa Tenang, Peserta Pemilu 2024 dilarang melakukan kegiatan kampanye seperti diatur dalam Pasal 275 ayat 1 UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pada poin 5 menunjukkan peserta pemilu dilarang menggunakan media sosial untuk berkampanye.

Netizen Ingatkan Masa Tenang

Walhasil, kecaman bertubi-tubi ditujukan kepada Kaesang.

Bukannya udah masa tenang ya? Mosok ketum partai ndak ngerti aturan, apa karena udah terbiasa nabrak-nabrak aturan,” tulis @alv***.

Masa tenang masa posting kampanye, padahal anak presiden loh, seharusnya mencontohkan yang baik,” tulis @zaf***.

Masih bocah kayaknya untuk urusan politik. Seharusnya sekarang masa tenang, eh malah masih naik postingan begini. Udah terbiasa nabrak aturan kali + anak presiden,” tulis @feb***.

Sebagian netizen sengaja men-tag akun KPU dan Bawaslu.

Masa tenang masih boleh ya @kpu_ri, @bawasluri posting beginian? Etapi lupa, @mahkamahkonstitusi aja dihajar,” tulis @lup***.

Bukannya masuk masa tenang ya Pak @bawasluri,” tulis @pan***.

@bawasluri ini gimana, katanya masa tenang, kok begini mulu? Dengan caption throwback kampanye, ini anak emang makin lama makin songong, mentang-mentang keluarganya berkuasa,” tulis @okt***.

Sarankan Nonton Dirty Vote

Sebagian netizen, ada juga yang menyarankan agar Kaesang menonton film Dirty Vote besutan sutradara Dandhy Dwi Laksono, yang menampilkan tiga pakar hukum tata negara, yakni Zainal Arifin Mochtar, Bivitri Susanti, dan Feri Amsari.

Dirty Vote #wajibnonton,” tulis @pen***. “Dirty Vote,” tulis @dan***.

Ada juga yang menulis kalimat pamungkas Bivitri Susanti di film Dirty Vote.

Menyusun dan menjalankan skenario kotor ini tak perlu kecerdasan dan kepintaran. Yang diperlukan cuma dua, mental culas dan tahan malu,” tulis @sya***.

 

(Sumber: Tempo)

Beri Komentar