Korban Gempa Lombok Doakan Prabowo Gantikan Jokowi di 2019

Foto: republika

Eramuslim.com – Kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi sarana bagi Kepala Desa Guntur Macan, Murni, untuk menyampaikan keluh kesahnya tentang kondisi warganya yang hingga kini tinggal di pengungsian.

Guntur Macan yang berada di Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), menjadi salah satu wilayah dengan dampak yang parah akibat gempa.

Murni mengatakan, total kerusakan rumah warga akibat gempa mencapai 99 persen. Dari tujuh dusun yang ada di Desa Guntur Macan, hanya tersisa empat rumah yang dinyatakan layak ditempati. Akibatnya, warganya yang sebanyak 2.816 jiwa dari 925 kepala keluarga (KK) kini tersebar di 14 titik pengungsian yang ada di Guntur Macan.

Murni menambahkan, kerusakan rumah sendiri terjadi secara bertahap. Saat gempa pada Ahad (5/8), hanya ada dua rumah warga yang mengalami rusak berat. Jumlah ini membengkak saat terjadi gempa susulan pada Ahad (19/8) di mana 85 persen rumah warga rusak. Gempa susulan berikutnya juga menambah total kerusakan hingga mencapai 99 persen.

“Memang begini keadaan warga kami. Pascagempa semuanya mengungsi, jadi warga kami banyak keluhan Pak,” ujarnya di Guntur Macan, Lobar, NTB, Rabu (5/9).