Jaksa Mesir: Persidangan Mubarak Akan Berlangsung pada 3 Agustus

Jaksa penuntut umum Mesir telah mengeluarkan pernyataan terbaru di halaman Facebook resmi mereka terkait pengadilan atas kasus pembunuhan demonstran Mesir. Pernyataan berjumlah tujuh halaman itu merangkum kemajuan persidangan dari mereka yang dituduh menembak demonstran dan termasuk nama-nama tersangka serta tanggal persidangan mereka.

Jaksa menyatakan bahwa mereka telah selesai menyelidiki kasus penembakan demonstran dan akan membawa kasus-kasus ini segera ke pengadilan pidana.

Pernyataan ini muncul di tengah kritik terhadap Jaksa umum Abdel Meguid Mahmoud dan kewenangan penuntutannya atas lambatnya persidengan terhadap para polisi yang dituduh menembak demonstran di Suez.

Pernyataan itu juga membela diri atas tuduhan bahwa mereka bersikap lunak terhadap Presiden Hosni Mubarak yang digulingkan, mantan menteri dalam negeri Habib El-Adly dan petugas polisi lainnya.

Perdana Menteri Essam Sharaf juga telah menyerukan dalam sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa dirinya telah mengeluarkan perintah kepada jaksa umum untuk menetapkan tim jaksa negara terbaik dalam kaitan kasus pembunuhan terhadap demonstran.

Menurut pernyataan, pengadilan terhadap mantan presiden Mubarak akan diadakan pada tanggal 3 Agustus mendatang, sementara persidengan terhadap mantan menteri dalam negeri Habib El-Adly akan diselenggarakan pada tanggal 12 September. (fq/alahram)