Serangan Bom Bunuh Diri Tewaskan Polisi Lokal Afghanistan

Empat pembom ‘bunuh diri’ menyerang sebuah area pelatihan pasukan pertahanan desa yang didukung pasukan AS pada Kamis ini (14/3), menewaskan dua peserta pelatihan dan anggota Polisi Nasional Afghanistan, kata para pejabat.

Taliban sendiri mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Azad Khan, pejabat lokal di distrik Jaji provinsi Paktia, mengatakan para pembom mendekati wilayah di mana sekitar 50 orang sedang dilatih untuk Kepolisian Daerah Afghanistan – adanya pertempuran di tingkat desa memaksa dikembangkannya sistem pertahan di seluruh negeri untuk melawan pejuang Taliban. Jenderal David Petraeus, komandan tinggi pasukan AS dan NATO di Afghanistan,  menyebut pasukan pertahanan baru tersebut sebagai "Penjaga malam dengan AK-47."

Khan mengatakan juga salah seorang penyerang meledakkan dirinya, dua orang ditembak mati oleh aparat keamanan yang melindungi daerah tersebut dan penyerang keempat berhasil melarikan diri.

"Kami akan mencari dia, tetapi akan memakan waktu karena daerah tersebut adalah pegunungan," kata Khan.

Zakria, seorang dokter di rumah sakit setempat, mengatakan tiga orang tewas dan dua polisi nasional lainnya mengalami luka-luka dalam serangan tersebut.(fq/ap)