Taliban Bantah Telah 'Bernegoisasi' Secara Rahasia dengan Karzai

Taliban menyangkal pernyataan yang dibuat oleh Presiden Afghanistan Hamid Karzai tentang adanya pembicaraan rahasia dengan gerakan Taliban untuk menghentikan perang di Afghanistan.

Taliban mengatakan hal tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh situs Pusat Amerika pada hari Rabu kemarin (13/10) bahwa pidato Karzai merupakan bagian dari propaganda yang tidak berdasar dan merupakan kelanjutan dari perang psikologis (psywar)," seperti dilaporkan oleh Agence France-Presse.

Dan menekankan gerakan Taliban tetap tidak akan mempertimbangkan pembicaraan atau negosiasi dengan pemerintah Afghanistan sebelum minggatnya pasukan penjajah asing di negara Afghanistan.

Sebelumnya Karzai mengklaim dalam sebuah wawancara dengan CNN Amerika bahwa sedang terjadi negosiasi rahasia antara pemerintahannya dengan Taliban, beberapa waktu yang lalu untuk menghentikan perang yang telah terjadi selama sembilan tahun di Afghanistan.

Dalam pernyataannya Karzai mengatakan: "Kami dalam pembicaraan dengan Taliban sebagai warga negara yang ada di antara kita," menambahkan bahwa pembicaraan tersebut bukan komunikasi resmi secara teratur yang dilakukan dengan Taliban di tempat tertentu, melainkan kontak pribadi secara informal beberapa waktu yang lalu," katanya.(fq/imo)