7 Hal yang Harus Dihindari Saat Berhaji

Akhir bulan september, (30/9/2012), jamaah haji mulai memasuki Mekkah untuk fokus beribadah selama 26 hari. Agar ibadah haji semakin nyaman dan khusyuk, berikut ada 7 hal yang harus Anda hindari saat berhaji.

1. Jangan mudah percaya pada pengemis. Banyak pengemis yang mengaku kehilangan harta benda dan tidak dapat pulang kekota tempat tinggal mereka. Jika menemui hal ini, sebaiknya Anda biarkan saja dan berikan sedekah Anda melalui badan resmi seperti amil zakat yang akan mengelola dengan profesional.

2. Jangan berbicara dalam bahasa Inggris dan asing di toko Saudi Arabia. Usahakan berbicara dalam bahasa Arab, walau setengah-setengah. Jika Anda berbicara dalam bahasa Inggris, pedagang akan menaikkan harga barang hingga 200 persen!

3. Jangan biarkan perempuan berbelanja sendiri tanpa pendamping pria. Sebaiknya, berbelanjalah bersama-sama untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

4. Jangan memotret di dalam Masjidil Haram. Petugas keamanan masjid tidak segan-segan menggeledah barang bawaan Anda.

5. Jangan naik taksi, sewalah unta atau jasa lain, kecuali Anda dan si pemberi jasa sudah sepakat dengan harga. Jika Anda terpaksa harus naik taksi, sebaiknya tawar dahulu dan jangan langsung naik dan menerima tawaran tersebut.

6. Jangan menawar jasa pemotretan dari atas unta secara sembarangan karena tukang foto akan langsung mengambil gambar Anda dan memaksa Anda membeli fotonya. Sebaiknya, Anda berani untuk mengatakan, “No Picture”

7. Jangan lupa membawa alat komunikasi atau handphone selama beribadah haji agar komunikasi Anda dengan keluarga lancar selama di tanah suci. Anda dapat memanfaatkan program Indosat Haji yang menghadirkan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan Indosat prabayar dan pascabayar. Berbagai promo tarif menarik bisa Anda nikmati mulai dari Gratis 1 Menit Setelah Nelpon 2 Menit, Akses BlackBerry dan Internet hanya Rp 19.000/hari sepuasnya hingga GRATIS konten Haji yang berisi informasi seputar haji selama di Arab Saudi. Promo ini dapat dinikmati hingga 7 Januari 2013.

Anda dapat mengaktifkan layanan program haji Indosat sebelum berangkat haji atau setelah berada di tanah suci. Pastikan selalu HP/Smartphone/Tablet Anda berada di jaringan Saudi Telecom Company (STC) selama berada di Arab Saudi. Jaringan ini adalah jaringan terluas di Arab Saudi. Setting HP Anda secara manual dan pilih jaringan  ALJAWAL atau STC atau KSA01 atau 420-01 setelah berada di Arab Saudi.

Selain kemudahan dalam berkomunikasi, Anda juga dapat menikmati berbagai informasi seputar ibadah haji secara GRATIS dengan mengakses  *123# atau *122*1*3#  dengan tarif Rp2000/minggu.

Semoga Allah SWT menerima ibadah haji Anda dan kembali ke tanah air sebagai haji mabrur. Aamiin. Nikmati selalu program Indosat Haji….

(ind/berbagai sumber)