Mulai Mei, Pertamina Tidak Jual Premium

bbmEramuslim.co – Awal Mei 2015 nanti, PT Pertamina akan menghentikan secara bertahap penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kadar research octane number (RON) 88 atau premium.

Sebagai gantinya, Pertamina akan menjual bensin RON 90 dengan nama Pertalite dengan kisaran angka oktan antara 88 hingga 92 pada bulan depan.

“Kami akan mengeluarkan produk bensin baru dengan RON 90 pada bulan depan di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan kota besar lainnya di Jawa,” kata Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang di Jakarta.

Tahap awal, Pertalite hanya akan dijual di kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang. Bambang belum mau membocorkan harga ataupun nama bensin produk baru tersebut.

“Harganya tentu akan lebih mahal ketimbang premium,” kata dia.

Menurutnya, produk baru Pertamina ini juga sudah mendapat rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Migas beberapa bulan lalu. Alasannya bensin Ron 88 sudah tak dijual lagi di negara manapun.

Pemerintah menargetkan penghapusan premium berangka oktan 88 dalam dua tahun atau sampai 2017. Waktu dua tahun tersebut dianggap cukup bagi Pertamina sebagai persiapan menghadapi kompetisi dengan perusahaan lain.(rz)