Demi Persatuan Nasional, Hamas Siap Dukung Pemilu Lokal Palestina

Hamas pejuang 1Eramuslim – Jum’at 15 Juli 2016, organisasi perlawanan Islam “Hamas” mengumumkan akan mendukung pemilu dewan lokal yang diserukan sebelumnya oleh 120 organisasi Palestina, sebagai langkah awal menuju rekonsiliasi dan pemerintahan konsensus nasional.

Dalam pengumumamnnya, Hamas berkomitmen mendukung dan memfasilitasi suksesnya pemilu dewan lokal yang akan diselenggarakan di wilayah Jalur Gaza dan Tepi Barat pada bulan Oktober mendatang, seperti dilansir Anatolia.

Belum ada pernyataan resmi dari Hamas untuk berpartisipasi dalam pemilu ini, akan tetapi menurut sumber yang dekat dengan gerakan mengatakan kepada Anatolia bahwa organisasi mungkin akan terlibat dalam mendukung pemerintahan persatuan nasional.

12 Juni Kabinet Palestina dibawah pimpinan Perdana Menteri Rami Hamdallah mengumumkan akan melakukan pemilihan dewan lokal di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada 8 Oktober mendatang.

Tercatat hingga kini enam faksi Palestina secara resmi telah mengumumkan untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu, yaitu Fatah, Front Populer untuk Pembebasan Palestina, Front Demokratik untuk Pembebasan Palestina, Partai Rakyat Palestina, Uni Palestina Demokrasi dan inisiatif nasional Palestina. (Anatolia/Ram)