Perbaiki Layanan, Kerajaan Arab Saudi Gunakan teknologi Gelang Elektronik Bagi Jamaah Haji

gelang elektronikEramuslim – Jum’at 1 Juli 2016, Departemen Urusan Haji Kerajaan Arab Saudi mengumumkan pemakaian gelang elekronik baru bagi jamaah haji di tahun 1437 Hijriyah, yang berisi data pribadi dan medis para jamaah serta terhubung dengan sistem GPS.

Kebijakan penggunaan gelang keamanan elektronik diambil Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah insiden berdarah yang terjadi dalam penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 1436 Hijiryah kemarin, seperti dilansir surat kabar Arab News dan Saudi Gazette.

Informasi yang diperoleh surat kabar Arab News menyatakan bahwa gelang elektronik tahan air berisi data pribadi jamaah, termasuk rekam medis serta nomor visa dan paspor, dan layanan multibahasa bagi jamaah yang tidak dapat berbahasa Arab.

Insiden berdarah jatuhnya crane dan terowongan Mina yang menewaskan ribuaan para tamu Allah pada 24 september tahun lalu menjadi pelajaran tersendiri bagi kerajaan Arab Saudi untuk selalu memperbaiki layanan keamanan dan kenyamanan bagi jamaah haji. (Rassd/Ram)