5 Masjid Populer Di Jerman, Bag 1

zahid – Kamis, 8 Zulqa'dah 1434 H / 12 September 2013 14:16 WIB

Berkembangnya Islam di Jerman tidak terlepas dari konstitusi Jerman yang menjaga kebebasan prinsip-prinsip beragama. Ketika berada di negara sekular jerman, tahukah anda beberapa masjid indah dan terkenal yang di bangun di negara pimpinan Adolf Hitler ini.

1 – Masjid Merah dengan dua menara dan taman yang luas serta terletak di komplek istana Schwetzingan yang berada di barat daya Jerman. Akan tetapi masjid yang dibangun pada tahun 1770 ini, kini sudah tidak digunakan sebagai masjid lagi.

masjid Schwetzingen_Castle

2 – masjid  Ahmadiyah ini terletak di Vielmrsdorf, Berlin. Masjid ini menjadi markas ibadah hanya untuk komunitas Ahmadiyah di Jerman, dan merupakan masjid tertua di Jerman yang dibangun pada tahun 1928 dan memiliki 2 menara sepanjang sekitar 32 meter dan kubah berdiameter 10 meter. Oleh sebab itu untuk maum Muslim janganlah memasuki Masjid ini, karena Ahmadiyah bukanlah Islam.

Wilmersdorfer_Mosque

3 – Masjid Cologne yang sedang dalam pembangunan, masjid ini akan menjadi masjid terbesar di Jerman yang dibangun di atas lahan seluas 16.500 meter persegi dan dapat menampung lebih dari 1.200 orang. Dibangun oleh Federasi Asosiasi Islam Turki di Jerman (DITIB), yang memutuskan untuk membangun sebuah masjid utama di negara Jerman. Masjid ini dua menara besar yang mempunyai ketinggian lebih dari 50 meter.

Dalam pembangunan masjid ini mendapat reaksi yang berbeda dari masyarakat Jerman, sebagian besar menyambut dibangunnya masjid ini, dan sebagian lagi menolak.

masjidkolonia#

4 – Masjid Sehitlik di Berlin, masjid yang dibangun untuk masyarakat keturunan Turki, merupakan masjid terbesar kedua di Jerman dan luas sekitar 800 meter persegi, dan menjadi masjid terbesar di kota Berlin.

Masjid yang terletak di dekat makam orang-orang Turki di kota, mempunyai arti Syuhada. Masjid ini dapat menampung lebih dari 1.500 orang jamaah.

Perlu dicatat bahwa di kota Berlin terdapat lebih dari 80 masjid dan sebagian besarnya digunakan oleh umat Islam untuk sholat dan beribadah.

Sehitlik4_Moschee_Berlin

 

5 – Masjid Umar bin Khattab adalah masjid terbesar kedua di Berlin dan terletak di pinggiran kota Kroazberg dan menampung lebih dari seribu jamaah, pembangunan masjid ini selesai pada tahun 2008.

Omar_ibn_Al_Khattab_mosque_berlin_kreuberg

Dakwah Mancanegara Terbaru

blog comments powered by Disqus