Kenapa Seorang Muslim Harus Bersabar

Ilham – Senin, 24 Syawwal 1433 H / 10 September 2012 10:43 WIB

Kenapa Seorang Muslim Harus Bersabar

Kehidupan seseorang di dunia ini tidak selalu sesuai dengan apa yang direncanakan. Terkadang manusia merencanakan sebuah rencana, dan yang terjadi adalah hal lain yang mungkin tidak sesuai dengan keinginannya. Sebagaimana ketika seorang pelajar yang telah selesai menyelesaikan bangku Sekolah Menengah Atas kemudian ingin melanjutkan studi ke sebuah kampus terkenal. Namun ternyata, Allah belum menghendaki keinginannya.

Banyak lagi kita temukan berbagai macam contoh dalam kehidupan manusia yang menunjukan bahwa kehidupan ini tidak selalu sesuai dengan keinginan. Maka disaat seperti inilah seorang Muslim dituntut untuk bisa bersabar. Sabar yang diartikan dengan menahan nafsu untuk melakukan sesuatu atau meninggalkannya hanya untuk mengharap ridho Allah Subhanahu wa ta’ala semata.

Allah ta’ala Berfirman :

Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu…” (Qs. Ali Imran: 200)

Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang bersabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Sungguh mengagumkan urusan orang mukmin, sungguh semua urusannya baik baginya, yang demikian itu tidaklah dimiliki seorang pun kecuali hanya orang yang beriman. Jika mendapat kebaikan kemudian ia bersyukur, maka itu merupakan kebaikan baginya, dan jika keburukan menimpanya kemudian ia bersabar, maka itu merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim)

Dalil- dalil di atas menunjukkan bahwa sabar adalah salah satu sifat dari berbagai macam sifat terpuji yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Karena jika kesabaran seseorang telah hilang dalam menghadapi sebuah urusan, maka yang akan muncul ada sikap terburu-buru (isti’jal), marah, dan mudah berputus asa.

Macam-macam Sabar Sabar dalam menjalankan perintah Allah Subhanahu wa ta’ala. Seperti sabar dalam melaksanakan sholat, shiyam (puasa), beramar ma’ruf nahi mungkar, dan lain sebagainya. Sabar dalam menjauhi semua larangan-Nya. yaitu dengan bersabar dalam menjauhi segala bentuk maksiat dan dosa yang telah diharamkan oleh Allah. Sabar menerima takdir Allah yang menyakitkan (musibah). Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman : “Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Qs. Al Baqarah : 155) Keutamaan-keutamaan Sabar

Di dalam Al qur’an disebutkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala berbagai macam keutamaan bagi seorang muslim yang bersabar, diantaranya sebagai berikut :

1. Allah akan melipatkan pahala bagi orang yang bersabar.

Mereka itu diberi pahala dua kali (karena beriman kepada taurat dan Al qur’an) disebabkan kesabaran mereka…” (Qs. Al Qashas :54)

Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.” (Qs. Az zumar :10)

2. Allah ta’ala mengaitkan pertolongan-Nya (النصر) dengan sabar dan taqwa.

“Ya (cukup). Jika kamu bersabar dan bertaqwa ketika mereka datang menyerang kamu dengan tiba-tiba, niscaya Allah akan menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda.” (Qs. Ali Imran: 125)

3. Sabar dan Taqwa adalah perisai dari tipu daya dan makar musuh.

Dan jika kamu bersabar dan bertaqwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikitpun…” (Qs. Ali Imran : 120)

4. Para Malaikat memberi salam kepada orang beriman di surga karena kesabaran mereka.

Para malaikat masuk ke tempat mereka dari semua pintu, sambil mengucapkan (selamat sejahtera atasmu karena kesabaranmu) maka alangkah nikmatnya tempat kesudahan itu.” (Qs. Ar ra’d : 23-24)

5. Allah Subhanahu wa ta’ala mencintai orang-orang yang bersabar.

Dan Allah mencintai orang-orang yang bersabar.”(Qs. Ali Imran :146)

6. Allah ta’ala memberikan ampunan dan pahala yang besar bagi orang yang bersabar.

Kecuali orang-orang yang sabar, dan beramal shaleh, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar.” (Qs. Hud : 11)

7. Sabar adalah salah satu perbuatan yang mulia.

Barang siapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia.” (Qs. Asy Syura : 43)

Itulah beberapa dari keutamaan sabar yang telah disebutkan di dalam kitab suci umat Islam Al qu’an yang mulia.

Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala menjadikan kita semua termasuk dari golongan orang-orang yang bersabar. Wallahu A’lam (fzl/shoutussalam)

Hikmah Terbaru

blog comments powered by Disqus