Hersubeno Arief: Tribute to Ahmad Dhani

Perlawanan dari Al, El, dan Dul, anak-anak Dhani juga tak boleh diremehkan. Mereka punya penggemar di kalangan milenial yang tak kalah besarnya. Padahal segmen pemilih yang cukup besar ini sudah lama digarap oleh Jokowi.

Tangisan Dul dan Al hampir dapat dipastikan membuat perlawanan emak-emak, kian mengeras. Sebagai ibu, mereka punya empati besar terhadap penderitaan seorang anak. Apalagi anak-anak dari keluarga yang terpecah seperti keluarga Dhani-Maia.

Kini bapaknya direnggut secara paksa oleh rezim berkuasa, hanya karena pilihan politik yang bebeda. Mereka akan semakin militan.

Jokowi juga harus menghadapi perlawanan kelompok-kelompok seniman, artis, pejuang kebebasan berpendapat, dari dalam dan luar negeri. Mereka banyak yang tidak setuju dengan sikap dan pilihan politik Dhani. Tapi mereka juga tidak sepakat bila ekspresi dan kebebasan berpendapat harus dipasung

Dari internal koalisi Jokowi tanda-tanda perlawanan juga sudah mulai muncul. Kendati tidak menyebut nama, namun Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar membuat status yang menyiratkan ketidak-setujuan atas langkah keras Jokowi menghadapi penentangnya.

Di luar Dhani, polisi kini juga tengah membidik Rocky Gerung yang dikenal dengan wacana revolusi akal sehatnya.

A Muhaimin Iskandar

@cakimiNOW

“Saya tidak setuju memenjarakan ide gagasan dan wacana, keberhasilan reformasi yang bisa dibanggakan salah satunya adalah kebebasan berpendapat dan berpikir. Agar kita menjadi bangsa yang cerdas!”

Auto kritik Cak Imin ini sangat menohok. Tidak tertutup kemungkinan banyak suara serupa di kalangan internal TKN, maupun pendukung lainnya. Namun mereka tampaknya mencoba menahan diri dan tidak menyuarakannya secara terbuka.

Blunder besar memenjarakan Dhani, pemeriksaan Rocky dan akumulasi puluhan blunder lainnya, kini menjadi ancaman besar bagi Jokowi untuk mempertahankan kursi kepresidenan.

Selain harus menghadapi berbagai front perlawanan para penentangnya, ancaman terbesar Jokowi ternyata datang dari dirinya sendiri dan para pendukungnya.

Dia akan kalah karena akumulasi gol lawan, dan gol-gol bunuh diri yang secara terus menerus dilakukannya. [end]

Sumber: hersubenoarief.com