Jerry Silverman: Yahudi Ada Di Antara Republik Dan Demokrat Amerika


Peta kekuatan Gedung Putih bergolak sehubungan dengan naiknya posisi tawar kaum Republik karena mendapat kenaikan signfikan dalam pemilu paruh waktu Amerika beberapa waktu lalu. Adakah ini mengancam posisi Yahudi dalam kehidupan Amerika? Berikut ini adalah petikan wawancara dengan Jerry Silverman, presiden dan CEO dari Jewish Federations of North America.

Apa prediksi Anda dengan yang terjadi di Gedung Putih?

Salah satu kekuatan paling abadi dari gerakan Federasi Yahudi adalah keragaman. Kami mewakili berbagai usia, afiliasi dan politik yang ada di komunitas Yahudi Amerika Utara dan menghargai kesempatan untuk berkumpul dan bersatu dalam iman dan identitas Yahudi kami setiap tahun di Majelis Umum. Saya yakin kami akan menang.

Apakah hilangnya Demokrat di Kongres berdampak pada komunitas Yahudi?

Adapun hubungan dengan Kongres, gerakan Federasi Yahudi memiliki hubungan yang sangat baik; hubungan bipartisan yang mencerminkan peran kami sebagai organisasi yang paling utama dalam kehidupan Yahudi Amerika. Kami ada di antara para pemimpin Republik Yahudi yang paling aktif dan Demokrat Yahudi paling aktif di Amerika. Jadi, kami bisa membangun jembatan antara pihak-pihak dan memastikan bahwa suara kami tetap terdengar.

Bagaimana dengan reaksi dari para pemilih Yahudi?

Berdasarkan apa yang saya lihat dalam perjalanan ke-70 komunitas Yahudi selama tahun lalu bahwa komunitas Yahudi memang prihatin tentang hal yang sama. Resesi ekonomi berdampak pada komunitas kami di setiap tingkatan. Jelas kami semua frustrasi bahwa ekonomi masih jatuh, dan rasa frustrasi itu terlihat pada pemilu kemarin.

Apa yang bisa Anda katakan tentang pemulihan ekonomi dari perspektif Yahudi?

Mengenai ekonomi, kami mulai melihat tanda-tanda yang sangat menggembirakan dari sudut pandang filantropi Yahudi. Bahkan, meskipun terjadi penurunan ekonomi, Federasi Yahudi tetap menjadi sangat efektif, seperti meningkatkan bantuan menjadi $ 2 juta setiap tahun untuk membantu orang-orang Yahudi dan orang lain yang membutuhkan di Amerika Utara dan di seluruh dunia.

Baru-baru ini para pemimpin Yahudi berkumpul di Israel dan membahas soal diaspora Yahudi…

Dalam kasus tertentu kami semakin aktif dalam advokasi tegas tentang isu-isu yang menjadi perhatian penting yang bisa melemahkan kekuatan dan kesatuan masyarakat kami. Kami dapat memanfaatkan kemitraan kami dan bisa membuat dampak (besar untuk dunia). Dua puluh tahun yang lalu kami berjuang untuk Yahudi Soviet; dan sekarang kami menghadapi upaya-upaya berbahaya untuk membusukan Israel melalui sanksi dan serangan, dan kami di sini menjalankan strategi kontinental untuk melawan ancaman-ancaman itu.

Apakah menurut Anda, ada harapan untuk sebuah terobosan pasca-pemilu?

Sebagai sebuah gerakan yang luas, kami mewakili banyak suara di masyarakat dan mendukung pemerintah Israel dalam upaya mencapai perdamaian di Timur Tengah. Selain itu kami tidak membuat prediksi politik. Jika Federasi Yahudi dapat menciptakan peluang yang akan membantu perdamaian dalam cara apapun, kami akan sangat bersyukur.

Apa yang akan dilakukan oleh komunitas Yahudi / Israel dari perubahan ini?

Seperti dalam olahraga, perubahan pemain juga dilakukan dalam politik. Kami telah bekerja dengan berbagai Administrasi dan Kongres dan itu mengajarkan kami dengan baik. Akibatnya, Federasi Yahudi memiliki hubungan dekat dengan seluruh Administrasi dan kami berharap dapat terus bekerja dengan Gedung Putih dan para pemimpin politik dari kedua belah pihak manapun untuk mendukung tujuan kami bagi komunitas Yahudi di Amerika dan luar negeri.

Kesimpulannya, apa tantangan terbesar yang akan dihadapi masyarakat Yahudi di AS di masa yang akan datang?

Karena kebutuhan terus tumbuh dalam membantu komunitas kami di seluruh dunia, kami memastikan kami bisa membuat perbedaan bagi orang Yahudi di seluruh dunia. Kami juga terus melanjutkan program pemulihan ekonomi kreatif di masyarakat seperti Chicago, Detroit, Los Angeles dan New York yang menyediakan berbagai layanan dari bantuan sampai konseling. Kami juga meluncurkan jaringan, kontinental strategis untuk memerangi dan melawan upaya delegitimasi anti-Israel.

Kami juga melibatkan orang muda dalam kehidupan Yahudi, dalam pendidikan Yahudi, dan menghubungkan mereka untuk keluarga Yahudi mereka, dan membawa para pemimpin muda kami sebagai kunci untuk masa depan kami. (sa/haaretz)