Bumi akan Gelap Selama 3 Hari Mulai 8 April, Ada Apa?

eramuslim.com – Bumi disebut-sebut bakal gelap selama 72 jam atau tiga hari. Rumor itu tersiar luas di media sosial beberapa hari terakhir.

Kabarnya, satu-satunya planet yang diyakini dihuni manusia ini akan mengalami gerhana matahari total mulai dari 8 April 2024 hingga tiga hari berikutnya.

Benarkah demikian? Akun Instagram yang kerap membagikan informasi memgenai astronomi, @infoastronomi mengatakan benar.

“Benar, Bumi akan gelap mulai pukul 6.00 sore sampai 6.00 pagi esok harinya,” dikutip fajar.co.id dari unggahan pada Kamis (28/3/2024).

Ia menjelaskan, fenomena tersebut dikenal dengan “malam hari”. Atau dikenal umum sebagai gerhana matahari total.

“Fenomena ini dikenal sebagai “malam hari”. Gerhana matahari total yang akan terjadi pada 8 April 2024 tidak akan berdampak apapun pada bumi kita,” jelasnya.

Namun gerhana matahari total ini, disebut tidak terjadi di semua wilayah di Bumi. Hanya beberapa negara saja yang terdampak.

Diantaranya Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada yang akan dilalui jalur totalitas gerhana matahari ini.

Di Indonesia misalnya, sebagai negara yang tidak dilalui jalur totalitas, tidak akan mengalami gelap selama tiga hari.

“Gerhana total memang bisa bikin gelap, tapi cuma pada wilayah yang dilalui jalur totalitas. Itu pun cuma beberapa menit, tidak sampai tiga hari,” tegasnya.

Dikutip dari website science.nasa.gov, masyarakat diminta tidak mengamati gerhana matahari total dengan mata telanjang.

“Saat mengamati fase sebagian gerhana matahari secara langsung dengan mata Anda, yang terjadi sebelum dan sesudah gerhana matahari total,” imbaunya.

Lembaga asal Amerika itu meminta warga melihat gerhana dengan kacamata gerhana. Bukan kacamata hitam biasa.

Pun tidak menggunakan kamera, teleskop, dan sebagainya.

“Anda harus selalu melihat melalui kacamata penglihatan matahari yang aman (“kacamata gerhana”) atau alat peninjau matahari genggam yang aman. Kacamata Eclipse BUKAN kacamata hitam biasa; kacamata hitam biasa, betapapun gelapnya, tidak aman untuk melihat matahari,” terangnya. (sumber: Fajar)

Beri Komentar